Latihan Olahraga yang Mudah untuk Anak

Olahraga untuk anak-anak harus menyenangkan. Karena alih-alih berolahraga, bagi anak-anak semuanya adalah bermain, tentang kesenangan dan permainan.

Membangun kebiasaan berolahraga, tidak hanya untuk orangtua, anak-anak juga perlu berolahraga, olahraga mempunyai manfaat yang sangat penting, untuk perkembangan fisik juga psikologis anak-anak. 

Olahraga untuk anak-anak harus menyenangkan. Karena alih-alih berolahraga, bagi anak-anak semuanya adalah bermain, tentang kesenangan dan permainan. Untuk membuat anak-anak mau Latihan olahraga susah-susah gampang, meskipun sama-sama beraktivitas fisik, bermain dan olahraga tentu tidak sama. 

Gerakan olahraga dan gerakan permainan memiliki pola, intensitas, dan repetisi yang berbeda bagi otot dan tulang. 



Apa saja ya olahraga yang dapat dilakukan anak-anak? 

Ada beberapa yang bisa menjadi pilihan, namun beberapa hal hal yang harus diperhatikan saat anak-anak berolahraga di antaranya adalah pentingnya latihan pemanasan sebelum memulai aktivitas olahraga, untuk melemaskan otot-otot tubuh dan terutama otot jantung.

Gerakan olahraga ringan dapat dilakukan dalam waktu 5-10 menit, atau dengan merangkai beberapa aktivitas bersama untuk waktu permainan fisik yang lebih lama. Berikut ini beberapa Latihan olehraga yang dapat dilakukan oleh anak

Berlari

Anak-anak sangat suka berlari-lari, kegiatan yang sering dilakukan oleh anak-anak ini dapat diarahkan oleh orangtua sebagai kegiatan berolahraga. 

Secara bertahap perkenalkan kepada anak, cara berlari yang benar, dan menentukan area atau rute untuk berlari, sehingga mereka tidak sekedar berlari-lari tanpa tujuan. 

Olahraga lari adalah jenis olahraga yang paling simple, dapat dilakukan di luar atau di dalam ruangan: di gym, di lorong, atau bahkan di sekitar rumah. 

Olahraga berlari juga dapat digabungkan dengan gerakan lain ke dalam permainan aktif, seperti lari estafet, petak umpet, dengan variasi pola gerakan dengan berlari atau juga dengan berlari di tempat.

Melompat 

Anak-anak suka melompat-lompat, kegiatan ini dapat diarahkan menjadi latihan olahraga Lompatan yang menyenangkan untuk dicoba diantaranya dengan memberi palang rintang, yang disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak, selain itu dapat juga dengan bantuan skipping atau trampoline (kalau ada) anak-anak jadi tidak sembarang melompat tak karuan.

Melempar 

Anak-anak juga suka melempar-lempar. Alih-alih melempar membuat rumah berantakan, kegiatan ini dapat menjadi kegiatan latihan olahraga yang menyenangkan untuk anak-anak. Latihan melempar dapat dilakukan secara kreatif dengan sambil; melempar bola ke keranjang cucian, memukul bola ke sasaran dengan benda rumah tangga, menangkap bola dengan mangkuk plastik, melempar, menggelindingkan, atau menendang bola ke dinding Gagasan lain termasuk menggiring bola, mengoper, dan menggulirkan bola bolak-balik di antara kamar, dan lain-lain.

Squat/ latihan jongkok

Squat adalah latihan sederhana, yang dapat membangun kekuatan kaki, dan keseimbangan, memberi anak dasar fisik yang baik dan selalu menjadi bagian untuk semua jenis olahraga dan aktivitas kebugaran. Latih anak-anak dengan melakukan squat, di mana lutut harus tetap sejajar dengan kaki dan tidak ditekuk terlalu jauh. Pose yoga ringan Yoga bisa menjadi cara yang menyenangkan dan sederhana bagi anak-anak untuk berolahraga. Beberapa pose yang mudah dan menyenangkan untuk dicoba anak-anak seperti pose Kobra, Pose Anak, dan Bayi Bahagia.

Write a comment