Camping ala Mongolia di Highland Park Resort Bogor

Highland Park Resort, adalah sebuah resort yang mengusung konsep penginapan glamping, camping dengan fasilitas seperti menginap di hotel.

Masih bulan Januari, tetapi sudah kepikiran kalau sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa atau bulan Ramadhan..

Hmm,.. itu adalah saya sih?! Hehe..

Puasa tahun ini akan dimulai sekitar bulan maret. Itu artinya sekitar satu bulan dari sekarang.

Sebenarnya bukan soal puasa yang ingin saya tulis. Tapi karena kebetulan teringat sebentar lagi puasa, terus lebaran. Saya jadi terkenang perjalanan kami sekeluarga saat libur lebaran tahun 2022 lalu. Saat itu kami sekeluarga pergi ke Highland Park Resort Bogor.

Ya, semoga masih belum terlewat momentumnya. Dan, memang meskipun sudah lewat cukup lama, cerita lebaran tahun lalu ini masih cukup hangat untuk kami.

Suasana libur lebaran saat itu belum bisa dikatakan nyaman dan leluasa untuk traveling. Namun, kami memutuskan untuk tetap pergi, alasannya karena selama pandemi, kami sama sekali tidak pergi liburan bareng keluarga, kedua karena anak-anak sudah mulai sekolah offline dan ada yang akan sekolah dan kost di luar kota, jadi sekalian untuk perpisahan melepas mereka pergi menuntut ilmu.

Saya sendiri sudah lama penasaran ingin berkunjung ke Highland Park Resort, karena beberapa kali melihat story teman yang pergi ke sana, dan juga kebetulan kami ada kenalan yang rumahnya tidak jauh dari daerah Curug Nangka, jadi setiap ke sana, melewati Highland Park Resort.

Highland Resort Park Bogor

Akhirnya kesampaian juga menginap di Highland Park Resort, tempat ini adalah sebuah resort yang mengusung konsep penginapan glamping, camping dengan fasilitas hotel, lokasinya berada di kaki Gunung Salak, bersisian dengan kawasan cagar alam Curug Nangka.

Udara yang dingin dan segar, serta pemandangan hijaunya pepohonan di balik gunung, memberikan pengalaman menginap di Highland Park Resort sebagai cerita yang berkesan untuk anak-anak. Dan memang suasana tempat ini sangat cocok untuk keluarga. Meskipun udara dingin, namun dapat mengikat tali kebersamaan dengan kehangatan. 




Fasilitas yang disiapkan Highland Park Resort sangat lengkap, pengunjung akan mendapatkan beragam utilitas untuk menikmati liburan yang menyenangkan di sini. Listrik, wifi, teko air panas, kamar mandi di dalam kamar lengkap dengan handuk, sudah tersedia.

Mengusung tema glamping, kamar-kamar di Highland Park Resort, bentuk luarnya didesain seperti kemah atau tenda, berada di kawasan ini terasa seperti berada di daerah perkemahan. 

Bangunan ala tendanya dibuat seperti bangunan khas suku di Mongolia dan tenda suku Apache Indian. Kamp Mongolian dan Kamp Apache ini adalah dua pilihan kamar yang dapat kita pilih saat menginap di Highland Park Resort, selain itu ada juga pilihan rumah pohon dan camping tipe barak yang cocok untuk acara kantor.

Selain keluarga, Highland Park Resort juga sangat pas untuk mengadakan acara keluarga besar, family gathering kantor, saat saya mencari info tentang Highland Park Resort, tempat ini juga menjadi pilihan untuk berbulan madu.

Perjalanan Menuju Highland Resort Park

Highland Park Resort terletak di daerah Bogor Tengah, masih di kota Bogor, belum masuk kawasan Puncak. Perjalanan jika ditempuh dengan kereta commuter dari stasiun Bogor ke Highland Park Resort bisa ditempuh sekitar 30 menit, dengan naik angkot jurusan Empang, Ciapus, atau transportasi online.

Jika memilih mobil pribadi dari arah Jakarta, yaitu dengan keluar pintu tol Jagorawi Baranangsiang, jalur yang bisa digunakan adalah dengan mengitari Istana Bogor, lalu melewati Jalan Ir. H. Djuanda, belok kanan memasuki Jalan Muara Empang, terus lurus sampai ketemu Jalan Kapten Yusuf, ikuti jalan ini hingga ujung jalan berganti jadi Jalan Gunung Malang, terus ikuti jalan lagi sambil lihat kanan kiri,  banyak petunjuk arah, plang penanda menuju Highland Park Resort.

Camping di Mongolia Camp Highland Park Resort Bogor

Pilihan kami adalah Camp Mongolia, camp berukuran besar dengan kapasitas untuk enam orang, ukuran yang pas untuk keluarga kami yang berjumlah enam, jadi tidak perlu memesan kamar terpisah, satu keluarga bisa berkumpul semua di camp.






Untuk menuju Camp kami diantarkan kendaraan khusus resort, sebuah mobil dengan kabin terbuka seperti yang biasa digunakan untuk bersafari. 

Camp Mongolia interior dalamnya adalah seperti aula besar tanpa sekat, berbentuk lingkaran, dengan lampu gantung di tengah dengan draperi tirai cantik sebagai plafon. 

Camp Mongolia yang kami tempati memiliki dua kamar mandi, sehingga tidak perlu khawatir harus mengantri ke kamar mandi dan toilet. 

Lengkap dengan jemuran kecil dan peralatan mandi, kamar camp mongolia kami, terdiri dari dua tempat tidur dan dua sofa bed. Kami juga dapat merequest tambahan dua sofa bed jika dirasa kurang. 




Karena udara yang dingin, terlebih kami datang setelah turun hujan, jumlah tempat tidur yang cukup itu akhirnya tidak terpakai, karena kami tidur menumpuk di satu tempat saja supaya lebih hangat. 

Pagi harinya anak-anak bangun dengan semangat, untuk melihat matahari terbit dari balik Gunung Salak. Pemandangan yang mengesankan melihat langit gelap penuh bintang, perlahan menjadi terang. 

Di Highland Park Resort ini anak-anak juga dapat melakukan aktivitas menyenangkan, seperti naik kuda, berenang, memberi makan kelinci, naik flying fox, sky sepeda, dan ragam kegiatan lain. Untuk makanan juga ada restoran Highland Park Resort.




Menginap hanya satu malam, rasanya memang kurang, tetapi untuk sebuah kebersamaan rasanya cukup berkesan. Semoga saja libur lebaran tahun ini, kami bisa kembali menginap di Highland Park Resort Bogor


Write a comment