Kampung Batik Cibuluh Bogor, Kembangkan Batik Khas Bogor

Bicara tentang batik, yang terlintas biasanya adalah batik solo, jogja, atau pekalongan. Makanya Saya cukup terkejut ketika beberapa waktu lalu mengunjungi kampung Batik Cibuluh Kota Bogor. 

Yup, ternyata Bogor juga memiliki jenis batiknya sendiri. 

Berlokasi di Jl. Neglasari 1 Cibuluh kota Bogor, kampung batik Cibuluh berada di dalam area perkampungan, sesuatu yang menarik tentunya, karena siapa yang menduga jika di kampung ini terdapat banyak orang-orang berjiwa seni dengan keahlian membatik.



 
Menyusuri Kampung Batik Cibuluh, dari mulai pintu masuk, kami disuguhi pemandangan artistik, dinding rumah-rumah dihias mural motif batik.




Secara keseluruhan ada sekitar empat puluh perajin batik di kampung batik cibuluh. Umumnya adalah para ibu-ibu, kampung batik ini pada awalnya dirintis oleh lima bersaudara pemilik batik Pancawati, yang dipimpin oleh ibu Dina Ayu. 

Geliat kampung batik cibuluh ini di mulai sejak tahun 2014, lalu mendapat perhatian dan pembinaan pada tahun 2016, hingga kampung ini kemudian dikembangkan sebagai potensi wisata dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pada tahun 2019 oleh Bupati Bogor, Bapak Bima Arya.  

Di tempat ini kita dapat berwisata edukasi pembuatan batik, baik batik tulis maupun batik cap dengan sentuhan motif keunikan bogor, diantaranya batik motif talas, kijang, kujang, motif bunga rafflesia, hujan, motif daun pakis, dan lain-lain. 

Salah satu tujuan keberadaan Kampung Batik Cibuluh adalah untuk memberdayakan warga dengan kegiatan yang bermanfaat untuk peningkatan ekonomi, selain itu juga untuk mengembangkan batik khas Bogor sehingga lebih dikenal masyarakat luas. 




Sebagai upaya untuk mengenalkan batik bogor ini pegiat kampung Batik Cibuluh, bekerja sama dengan pemerintah kota Bogor sering melakukan berbagai kegiatan salah satunya dengan mengikuti pameran atau eksibisi pada berbagai expo baik di dalam maupun luar negeri

Batik yang ditawarkan di Kampung Batik Cibuluh adalah dalam bentuk kain, pakaian jadi, juga kerajinan tangan lainnya. Untuk  kain batik tulis harga yang tertera berkisar antara dua ratus hingga lima ratus ribu rupiah.

Selain pemberdayaan kampung, Kampung Batik Cibuluh, juga menjadi  sarana edukasi dan kampung wisata ini, kunjungan ke kampung ini cocok untuk program untuk studi tour anak sekolah atau mahasiswa, juga orang-orang yang yang menyukai batik, fashion, filosofi dan sejarah.

Write a comment