Kampung Mulyaharja, Persawahan Kampung Agro Eduwisata

Sawah adalah bagian tak terpisahkan bagi kita masyarakat Indonesia, karena sawah menghasilkan beras, bahan pokok kebutuhan utama, makanan kita sejak berabad-abad lamanya.

Namun demikian, terutama di kota-kota besar saat ini, keberadaan sawah sering terpinggirkan, banyak sawah berubah fungsi menjadi pabrik atau perumahan. Setidaknya itulah yang saya rasakan, menghabiskan masa kecil tinggal di area pinggiran kota Jakarta yang dahulu merupakan area persawahan sekarang sudah tidak ada lagi.

Ya, di beberapa daerah pinggiran kota, seperti Jakarta memang sudah tidak mudah lagi menemukan area persawahan, kalaupun ada biasanya luasnya tidak seberapa banyak. Makanya, saya happy sekali Ketika beberapa waktu lalu, mendapatkan kesempatan untuk jalan-jalan ke satu area di Kota Bogor yang masih memiliki hamparan sawah yang luas.

Terlebih kedatangan saya saat itu bersamaan dengan waktu makan siang, waah langsung terbayang nikmatnya menikmati makanan langsung di tepi sawah, tempat produksi berasnya.

Kampung Mulyaharja, Kampung Tematik Memberdayakan Petani 

Destinasi ini adalah kampung Mulyaraharja, kampung dengan persawahan terluas di Kota Bogor, Kampung wisata Mulyaharja adalah salah satu kampung tematik yang dikembangkan pemerintah Kota Bogor, berlokasi di RT 05/RW 01, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. 

Kampung ini merupakan kawasan persawahan milik masyarakat yang kemudian dikembangkan oleh kelompok penggerak pariwisata melalui Dinas Pariwisata dan Budaya Bogor untuk memberdayakan dan memberi nilai tambah kepada petani dengan mengembangkannya menjadi Desa Wisata.

Kampung Mulyaharja, yang mengusung konsep Agro Eduwisata Organik, wisata edukasi pertanian organik. Dibuka sejak tahun 2020, Kampung Mulyaraharja sempat terkendala pandemi dan menghentikan aktivitas kunjungan, namun pada 2022 lalu kampung Mulyahraja sudah mulai dibuka lagi.

Area persawahan bagi beberapa masyarakat terutama di kota-kota besar adalah sesuatu yang baru. Kampung Wisata Mulyahraja menawarkan paket wisata edukasi untuk anak sekolah, agrowisata dengan berabagi aktivitas pertanian, tracking untuk komunitas sepeda, dan tempat makan yang rekomen untuk masyarakat umum.

Kampung Mulyaraharja menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika ke Kota Bogor. Luas area persawahan di Muyaharja adalah 12 hektar. Salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan di kampung ini adalah bertani, merasakan langsung sensasi menanam padi, menggarap sawah,atau melakukan kegiatan yang sering dilakukan di sawah.



Tiket masuk ke Kampung Mulyaharja sebesar Rp10.000 per orang. Begitu memasuki area persawahan di kampung ini, kita akan disambut suara gemericik air untuk irigasi sawah. Laksana therapy, suaranya seketika memberi atmosfer ketenangan dan kesyahduan.

Memasuki kawasan persawahan, kita juga akan melewati jalanan kayu yang tertata apik untuk menghubungkan titik atau poin area persawahan, baik menuju ke restoran atau ruangan tempat makan yang persis berada di tengah sawah.



Menu yang kami makan saat berkunjung ke kampung Mulyaharja sudah pasti masakan khas sunda yang enak dan nikmatnya sudah termasyur. Ada sayur asem, ayam goreng, tahu, tempe, karedok, bakwan jagung, lengkap dengan ikan asin.

Bagi mereka yang tinggal di kota besar yang bahkan belum pernah ke sawah, kegiatan ini memberikan pengalaman tersendiri. Sawah di Kampung Mulyaharja juga memiliki banyak tempat untuk spot foto yang instagramgenic dengan pemandangan hamparan sawah datar yang luas.


Saat kami datang kondisi sawah sedang memulai untuk masa tanam, pemandangannya belum terlalu maksimal, karena sawah banyak masih berupa kolam lumpur, dan atau padi baru ditanam.  Tetapi saya yakin kalau datang saat musim pertengahan atau mendekati masa panen, kawasan persawahan ini pasti sangat cantik.

Teman-teman mungkin ada yang berniat ingin main ke sawah, atau mengajak anak-anak pergi ke sawah,  boleh banget loh ini di coba pergi healing, tidur di bale-bale, makan di pinggir sawah, rasakan kenikmatannya. Tidak jauh-jauh dari kota Jakarta, istirahat dari beragam rutinitas dan menikmati hari, di Kampung Mulyaharja. 

Write a comment