Pentingnya Probiotik untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Probiotik adalah bakteri hidup yang baik, yang membantu tubuh dalam mempertahankan komunitas mikroorganisme yang sehat dalam tubuh

"Bayi tujuh bulan diberi minum kopi susu sachet, dan buang air besar hingga sembilan kali sehari!


Duh! Sedih sekali melihat judul berita ini. Berita viral yang akhir-akhir ini ramai jadi perbincangan, bahkan Bapak presiden Jokowi menyorotinya dalam sebuah forum! 

Bayi semungil itu terpapar kafein, padahal saluran pencernaannya belum siap. Sang ibu memberikan kopi dengan dalih ada kandungan susunya. 

Membaca berita ini, Saya jadi teringat masa-masa kehamilan dan anak-anak saat bayi, menyadari dulu saya juga tidak mengetahui tentang isu saluran pencernaan pada anak, ya alhamdulillahnya tidak sampai sebegitunya. 

Dan melihat fenomena yang terjadi, ternyata Saya tidak sendiri, masih banyak ibu yang belum memahami apa yang seharusnya dilakukan untuk merawat kesehatan pencernaan bayinya. 

Bayi usia tujuh bulan masih berada dalam fase 1.000 hari pertama, periode yang diakui secara luas sebagai masa paling signifikan dalam perkembangan organ dan sistem tubuh manusia.




Dimulai sejak anak masih dalam kandungan, hingga usia dua tahun, 1000 hari pertama juga fase kritis, karena mempengaruhi 70% kesehatan anak di masa depan dan 80% perkembangan otak. 

 Asupan nutrisi pada 1.000 hari pertama penting diperhatikan, karena akan berdampak jangka panjang. 

Selain pemenuhan gizi, hal lain yang juga harus dioptimalkan adalah pemenuhan Probiotik.

 Apa itu Probiotik? 


Tubuh kita terdiri dari berbagai unsur di dalamnya, termasuk ada berbagai mikroorganisme, bakteri di dalamnya, dan ini terbagi menjadi dua, ada; 

  • Bakteri baik yang memberikan manfaat kesehatan, menstimulasi produksi antibodi, meningkatkan sistem imun, melawan toxin, alergen dan mikroorganisme berbahaya, dan membantu proses pencernaan 
  • Bakteri jahat, yang menyebabkan kerusakan usus, menghasilkan toxin, berisiko sebabkan efek karsinogenik dan menyebabkan sakit/gangguan saluran cerna.

Yup! Selain darah, otot dan tulang, tubuh kita adalah penampung populasi makhluk hidup lain, diantaranya cacing, serta berbagai bakteri, mikroba unik yang hidup di dalam usus.

Meskipun secara umum banyak yang menganggap mikroorganisme di usus sebagai kuman jahat dan berbahaya, ternyata banyak juga mikroba yang sebenarnya bermanfaat bagi tubuh kita. 

1000 hari pertama dimulai sejak bayi dalam kandungan. Perkembangan bakteri dan mikroba juga dimulai sejak 1000 hari pertama. 

Ibu hamil memang memberi perlindungan kepada bayinya. Namun, tidak semua ibu hamil memiliki kandungan bakteri usus yang baik. 

Metode kelahiran normal dan atau caesar mempengaruhi perkembangan kandungan bakteri. Bayi lahir normal mendapatkan transfer bakteri baik dari ibu hamil saat proses kelahiran melalui vagina. Pun bayi lahir caesar, meski tidak melewati vagina selama proses kelahiran, tetapi dapat menyebabkan kondisi ketidakseimbangan pada kandungan bakteri baik dan buruk pada ususnya saat awal kelahiran, kondisi ketidakseimbangan tersebut dapat bertahan hingga 7 tahun lho!? 

Lalu apa Probiotik? 

Probiotik adalah bakteri hidup yang baik, yang membantu tubuh dalam mempertahankan komunitas mikroorganisme yang sehat, membantu komunitas mikroorganisme tubuh kembali ke kondisi sehat setelah terganggu, serta mempengaruhi respons kekebalan tubuh.

Menurut WHO (World Health Organization) Probiotik adalah bakteri hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang sesuai takaran dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna.

Selain Probiotik, tubuh juga perlu Prebiotik.

Apa itu Prebiotik? 

Apa bedanya dengan Probiotik? 

Prebiotik adalah jenis serat tanaman khusus, yang biasanya berupa serat karbohidrat yang bertindak seperti pupuk untuk merangsang pertumbuhan bakteri sehat di usus. 

Prebiotik adalah jenis serat yang umumnya terdapat dalam sayuran dan karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. 

Probiotik dan prebiotik sama-sama mendukung tubuh membangun dan memelihara koloni bakteri dan mikroorganisme yang sehat, menjadikan usus lebih sehat, membantu pencernaan. 

Saluran pencernaan yang tidak sehat akan berdampak pada kesehatan anak secara umum, menyebabkan masalah diantaranya; 
  • Diare 
  • Konstipasi (sembelit) 
  • Sakit perut Kembung 
  • Kolik pada bayi (tangisan berlebih) 
  • Gumoh pada bayi

Kembali ke apa pendapat menurut WHO, probiotik bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya. Syarat-syarat probiotik yang baik menurut WHO
• Berasal dari manusia 
• Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna 
 • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu 
 • Menghasilkan zat anti mikroba. 

Pilah pilih produk Probiotik Anak, Saya baru tahu kalau ada satu produk suplemen Probiotik yang memenuhi persyaratan WHO, yaitu Interlac Drops Suplemen Makanan. Interlac adalah produk suplemen Probiotik untuk anak, impor dari Swedia, produk dari Bio Gaia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. 

Interlac Drops berbahan aktif Lactobacillus reuteri DSM 17938, ini adalah salah satu Probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, karena memiliki efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Interlac berbentuk Oral Drops, dengan bahan tambahan sunflower, medium chain triglyceride oil, silicone dioxide adalah probiotik pertama dengan sediaan oral drops di Indonesia, yang cocok untuk anak baru lahir hingga usia dua tahun.



Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi Interlac Oral Drops ini punya kelebihan yaitu; sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang mengalami intoleransi laktosa. 

 Interlac bukan obat yaa! tetapi suplemen makanan Probiotik, untuk saluran pencernaan. Interlac Drops juga tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol. Ketika beberapa waktu lalu, ramai kasus anak mengidap ginjal, karena mengkonsumsi obat cair, pada penggunaan Interlac, ibu tidak perlu khawatir. Interlac Drops aman! selain itu juga sudah terdaftar di BPOM.

Probiotik Interlac banyak direkomendasikan untuk kesehatan saluran cerna, tidak heran jika saat ini ramai di pasaran dijual produk Interlac palsu, yang kemasannya sangat mirip dengan Interlac asli.
 
Untuk memastikan keaslian Interlac, sebaiknya beli langsung di Interbat Official Store, di e-commerce kesayangan, atau secara offline di Baby Shop, Viva Health, Watsons, Guardian dan apotek terpercaya.




Interlac dapat digunakan setiap hari dan jangka panjang, dapat dikonsumsi baik sebelum ataupun setelah makan. Cara minum Interlac drops dapat langsung diteteskan, namun dianjurkan menggunakan sendok, lalu suapkan ke bayi, kocok dengan baik sebelum digunakan. Rasa Interlac plain atau tawar, 1 botol mengandung 125 tetes untuk penggunaan 25 hari, 5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter. 

 Tutup kembali yang rapat dan setelah digunakan simpan kembali di kulkas bawah (bukan di freezer), setelah dibuka, akan optimal manfaatnya hingga 3 bulan, jika disimpan lebih dari 3 bulan hasilnya akan kurang optimal.

1000 hari pertama kehidupan anak bukan hanya pemenuhan asupan gizi yang perlu dan penting diperhatikan ya, tetapi juga saluran cernanya, berikan anak-anak kita asupan yang memang sesuai dengan usia, tambahkan juga probiotik untuk kesehatan saluran pencernaannya. 

Di masa depan semoga tidak terulang lagi deh, kita membaca cerita ibu-ibu yang viral karena tidak memperhatikan asupan yang baik untuk anak-anaknya.

Komentar

(7)
  1. Lihat konten itu, ya Allah. Dimana nurani ibunya tuh, Bayi mah belum tahu apa-apa. kalau dia mau ya nggak bisa disalahin, ibunya ya agak-agak memang, sedih lihatnya

    BalasHapus
  2. Gemes dan haru lihat nunu gendong baby, itu si Keanu ya? Ga terasa udah gede ya, probiotik memang penting untuk 100 HPK

    BalasHapus
  3. penting banget yaa memperhatikan kebutuhan gizi si kecil di 1000 hari pertamanya, termasuk juga jumlah probiotik di dalam saluran cernanya. Alhamdulillah sekarang sudah ada interlac yang aman dikonsumsi bayi

    BalasHapus
  4. Senang sekali ya, Mbak. Sekarang sudah ada suplemen probiotik yang bisa digunakan dari bayi. Interlac memang pilihan saya buat jaga kesehatan pencernaan Mirza.

    BalasHapus
  5. Ya Allah~
    Sedih banet dengernya.. Semoga Allah berikan kemudahan bagi keluarga yang memiliki anak bayi dan pencerahan banget bahwa kandungan probiotik mampu jaga saluran cerna anak yang kini sudah ada dalam produk Interlac Drops.

    BalasHapus
  6. Masalah percernaan hubungannya juga kemana-mana yah emang pengaruh banget untuk kesehatan anak diawal kehidupannya

    BalasHapus
  7. Iya lho aku tuh pas baca berita viral itu sedih banget karena kasihan dengan pencernaan si anak. Apalagi ternyata kesehatan saluran pencernaan punya kontribusi besar terhadap tumbuh kembang anak hingga besar nanti.

    BalasHapus

Posting Komentar