Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Dancow Sekaligus Peluncuran Modul Anak Unggul Indonesia

Mengumpulkan sejuta orang. Jika itu di lakukan dalam sebuah kegiatan, kira-kira berapa besar ruang dan tempat yang di perlukan? Perlu berapa lama untuk bisa mengumpulkan orang sebanyak itu?

Di tengah musim kampanye politik seperti saat ini, mengumpulkan orang sebanyak itu mungkin bukan hal yang aneh ya. Tapi jika sebuah kampanye edukasi untuk orangtua berhasil mengumpulkan partisipasi sejuta orang, ini adalah pencapaian yang luar biasa.

Teman-teman mungkin masih ingat di bulan Februari lalu, saya menghadiri sebuah acara bersama Dancow Advanced Excelnutri+ yang mengajak masyarakat, khususnya orangtua, ibu-ibu, bapak-bapak yang memiliki anak usia balita bergabung dalam sebuah gerakan untuk mendukung sejuta aksi dengan hastag #IyaBoleh anak-anaknya, cerita lengkapnya saya tulis di sini:

Ibu, Yuk! Katakan "Iya Boleh" Lebih Sering Untuk Perkembangan Optimal Karakter Anak

Tanpa perlu menunggu waktu lama, bahkan hanya dalam jangka waktu dua bulan setelah di luncurkan, ternyata angka itu sudah terpenuhi loh! Bahkan melebihi.

Padahal, saat saya mengikuti program ini masih berada di angka 100ribuan. Mantul banget yaa!?

Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow

Ternyata banyak sekali orangtua yang aktif, peduli dan memahami pentingnya dukungan terhadap eksplorasi, dan sosial  Kecil agar dapat tumbuh berkembang menjadi anak unggul.

Merayakan kesuksesan tercapainya Gerakan sejuta "IyaBoleh" senang sekali hari sabtu lalu tanggal 6 April 2019 lalu saya hadir di meriah dan semarak kebahagiaan tercapainya angka satu juta dukungan aksi "IyaBoleh"

Perayaan ini di adakan dalam sebuah venue "Dancow Iya Boleh Camp" yang berlangsung di Citos, Cilandak Town Square Mall.

Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow

Suasana ramai sejak pagi, dengan warna kuning khas Dancow mendominasi isi mall Citos. Saya mnengajak si mbul Kian yang sudah excited banget ingin jalan-jalan. Di ingat-ingat memang sudah lumayan lama juga Mbul nggak jalan-jalan ke mall. Akhirnya yess!

Acara yang di mulai tepat pukul 10 pagi, di awali dengan sambutan dari ibu Lidya Sahertian Brand Manager Dancow Advanced Excenutri, juga penampilan dan wawancara spesial dengan artis cilik idola anak-anak Maisha Kanna dan ibunya, ibu Arlinka.


Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow

Maisha Kanna adalah salah satu contoh sukses anak unggul Indonesia yang selalu mendapat support "IyaBoleh" dari kedua orangtuanya.

Menyanyikan dua buah lagu yang salah satunya berjudul "Ibuku Cantik" penampilan Maisha yang berbakat berhasil membuat saya kagum.

Soal ini sebenarnya bukan kali pertama saya amaze dengan performa Maisha Kanna, beberapa waktu lalu saya juga sempat menonton langsung aksi Maisha atau yang biasa di panggil Mimi dalam drama musikal "Dongeng Pohon Impian" dlam drama ini Maisha memerankan tokoh utama, anak perempuan yang sering merasa kesepian bernama Angan.

Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow

Maisha Kanna memang mulai di kenal sejak dirinya berperan dalam drama musikal, debut pertama dan langsung menarik perhatian adalah ketika bermain dalam Drama Musikal "Petualangan Sherina" di mana Maisha berperan menjadi Sherina, dan kemudian bermain juga dalam film inspiratif "Kulari Ke Pantai"

Saya mendapat banyak inspirasi berharga dari obrolan Maisha dan ibunya. Tumbuh sebagai anak aktif Maisha sejak kecil memang sangat suka bereksplorasi dan tampil di depan umum. Percaya diri, aktif dan berani adalh potensi utama yang sejak dini telah di pahami, makanya apapun kegiatan yang di lakukan sebisa mungkin IyaBoleh selalu menjadi pilihan.

Namun, ternyata pernah loh suatu kali Maisha membuat orangtuanya berada dalam keraguan, untuk iya atau tidak mendukung kegiatannya, yaitu saat Maisha meminta untuk mengikuti kegiatan Gimnastik.

Ya, sudah terbayang sih yaa. Gimnastik membutuhkan stamina, kelenturan dan kesiapan menghadapi resiko yang cukup bikin deg-degan, bisa cedera, terkilir, jatuh atau terluka. Namun karena keinginan dan komitmen yang kuat benar-benar di tunjukkan oleh Maisha, semua bisa di atasi.

Sebagai sesama ibu, saya bisa membayangkan effort dan usaha orangtua Maisha Kanna. Luar biasa dan inspirasi yang keren, mampu mendidik putrinya cemerlang di usia muda.

Memang benar adanya jika setiap anak memiliki potensi, namun tetap orangtua, pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter anak.

Hal ini persis seperti yang di ungkapkan oleh Drs Hendra Jamal, MsiDeputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak Republik Indonesia yang hadir dalam acara ini.

Masa depan Indonesia berada di tangan sekitar 33,4% atau sekitar 83,4 juta anak Indonesia. Untuk itu semua anak Indonesia harus di penuhi hak-haknya dan di lindungi. Hak anak merupakan bagian dari hak asasi manusia yang wajib dan di jamin serta di penuhi oleh orangtua juga masyarakat, pemerintah dan negara.

Membentuk generasi emas di tahun 2045, dan maksimal memanfaatkan bonus demografi 70% di mana penduduk Indonesia berada di usia produktif adalah sebuah cita-cita jangka panjang yang menjadi tujuan pemerintah saat ini.

Untuk itu gencar di lakukan sejak beberapa tahun ini, berbagai upaya, bagaimana caranya peningkatan kualitas anak-anak baik secara fisik dan mental terus terjadi, sehingga bila waktunya tiba semua sudah siap tinggal landas.

Penurunan angka stunting, pemenuhan gizi optimal dan pembentukan karakter anak dengan kecakapan dan karakteristik unggul yang siap berkiprah di kancah global menjadi harapan semua pihak.

Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow

Gerakan sejuta "IyaBoleh" sesuai dan sejalan banget yaa dengan cita-cita besar ini karena dengan sering mengatakan "Iya Boleh" kepada anak  memberikan banyak manfaat terhadap karakter dan tumbuh kembang anak. IyaBoleh memungkinkan anak bebas bereksplorasi, dengan catatan semua di lakukan dalam pengawasan, dorongan, dan dukungan yang tepat dari orangtua.

Eksplorasi yang tepat akan sangat membantu si kecil dalam mengembangkan lima potensi karakter penting yaitu Berani, Cerdas, Peduli , Kreatif dan Pemimpin.

Bagaimana mengetahui apakah eksplorasi yang di lakukan anak-anak sudah tepat dan sesuai?

Soal ini saya yakin banyak orangtua yang memiliki pertanyaan sama. Karena kalau semua yang di lakukan anak harus di setujui dan IyaBoleh, bagaimana ketika anak-anak melakukan hal yang tidak lazim, ekstrem. berbahaya, dan tidak patut di setujui, apa bisa mendapatkan pembenaran dengan IyaBoleh?

Apa batasan, do's and dont's dalam mendukung aksi IyaBoleh anak-anak?

Nah! Memahami kegalauan dan kebingungan orangtua dalam mencari tahu apakah sifat permisif dukungan aksi IyaBoleh anak-anaknya sudah tepat. Di perayaan kesuksesan Gerakan Sejuta IyaBoleh Dancow parenting Centre juga meluncurkan E-Book, Modul Anak Unggul Indonesia. 

Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow

Modul Anak Unggul Indonesia diluncurkan dengan kemeriahan. lewat aksi anak-anak bermain drumband. 
Modul ini tersedia dan dapat di akses dan di unduh gratis melalui laman "Dancow Parenting Center".

Modul Anak Unggul Indonesia di susun oleh para ahli dan pakar dari Dancow Parenting Center, yang terdiri ahli Gizi, dokter anak, psikolog anak. Tiga di antara tokoh penting di Dancow parenting Center yang juga menyusun Modul Anak Unggul Indonesia, hadir di acara ini yaitu:

Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow
  • Pakar nutrisi, Prof. Dr.dr. Saptawati Badarsono M.Sc
  • Psikolog, Ratih Ibrahim
  • Dokter anak,  Prof. Dr.dr. Soedjatmiko SpA(K) M.Si

Dalam Modul Anak Unggul Indonesia orangtua bisa mendapatkan panduan 101 kiat parenting dalam mendukung aksi IyaBoleh anak-anak dengan tiga pilar utama yaitu Nutrisi, Stimulasi dan Cinta, dengan mempelajari modul ini sebagai orangtua kita juga dapat mempelajari seperti apa sih konsep dan konteks dari Anak Unggul Indonesia secara luas.

Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow

Ditengah perkembangan zaman, teknologi dan tren yang terus berubah-ubah orangtua juga perlu beradaptasi, termasuk dalam hal parenting. Apa yang di terapkan orangtua kita di masa lalu mungkin ada yang sudah tidak relevan dengan masa kini, pun demikian  dengan opsi pemberian sumber nutrisi yang kini semakin beragam, berbeda dengan di masa lalu.

Merayakan Sukses Gerakan Sejuta #IyaBoleh Sekaligus Peluncuran Modul IyaBoleh Dancow

Memiliki kandungan spesifik dan memberi manfaat peningkatan status gizi dan menunjang tumbuh kembang, adalah  poin penting, dan untuk hal ini salah satu contohnya adalah dalam pemilihan susu yang memberi perlindungan untuk pencapaian imunitas optima yang memiliki nutrisi dengan kandungan prebiotik, lacto baccilus rhamnosus, juga serat pangan inulin yang berfungsi membentuk ketahanan dan perlindungan tubuh alami terhadap serangan bakteri, kuman, virus dan lain-lain, yang terdapat dalam Dancow Advanced Excelnutri+

Perayaan kesuksesan gerakan Sejuta IyaBoleh dan peluncuran Modul Anak Unggul Indonesia. Selain di Jakarta, juga serentak di lakukan di beberapa kota besar yaitu Jogjakarta dan Makassar.

Menambah keseruan, sempat di lakukan teleconference untuk bersama merasakan perayaan kesuksesan gerakan Sejuta IyaBoleh. Anak-anak juga senang banget karena seusai acara peluncuran Modul Anak unggul Indonesia, mereka bebas bermain di area playground yang sudah  di siapkan.

Jadi, bagaimana ibu-ibu! Ingin mendukung aksi IyaBoleh tapi masih bingung atau takut dan ragu-ragu, harus banget deh di pelajari atau download sekalian Modul Anak Unggul Indonesia, sama-sama kita dukung dan wujudkan Generasi Emas, anak Indonesia Unggul di tahun 2045





6 comments

  1. Wow, keeen abis acara di Citos ini full kegiatan anaK2 dan orangtuanya ya. Iya boleh, aku setujuuuuuu 😘 Aku biarkan anak2ku bereksplorasi main apa aja dan dg siapa aja asal kita pantau dan kenal baik. Asik nih ada e-book nya ya kita bisa tambah wawasan di Dancow Parenting Center.

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget nih Campaign #IyaBoleh bikin aku belajar juga, bahwa sebaiknya kita sebagai orang tua jangan melarang anak untuk melakukan sesuatu. Mendingan, kalau anak mau melakukan sesuatu yang dikira bahaya, diberi pengertian, atau kalau ngga bahaya, biarkan anak mencoba...dan merasakan efeknya hehehheee....

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah banget bisa bergabung bersama jutaan ibu yang mendukung iya boleh. Apalagi mengikuti acaranya, jadi nambah ilmu parenting, karena kalimat positif akan memberikan dampak yang baik untuk perkembangan anak hingga dewasanya nanti.

    ReplyDelete
  4. ada saatnya anak dilarang melakukan sesuatu tapi klo kebanyakan dilarang malah anak-anak bisa kurang kreatif. gerakan iya boleh bagus asal anaknya dipantau

    ReplyDelete
  5. Aku pas awal tuh sempat binggung apa yang harus dilakukan dan apa yang tidaj boleh. Dancow bagus inisiatifnya

    ReplyDelete
  6. Aiih embuuul cium ibu nunu, mau juga dunk dicium hahaha. Yuk ah, main sini sama Pendar. Mau main tanah? Iya Boleeeh asal cuci tangan yaaaa

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.