Saya mendengar informasi tentang MOOCs pertama kali dari radio favorit, saat saya sedang dalam perjalanan ke suatu tempat, pertama kali mendengar istilah ini lumayan memancing rasa penasaran saya yang kebetulan saat itu sedang mencari referensi untuk kuliah.

    Apa itu MOOCs ?


MOOCs adalah singkatan dari Massive Open Online Courses sebuah konsep belajar seperti pelatihan,training dan perkuliahan yang dilakukan secara online, MOOCs adalah sebuah cara baru belajar yang berkembang pesat di dunia internasional terutama di Amerika Serikat, belajar secara online kapan dan dimanapun kita mau dan berada, asyiknya lagi hampir semua mata kuliah MOOCs umumnya tersedia secara cuma-cuma alias gratis, walaupun ada beberapa yang berbayar, banyak sekali penyedia layanan MOOCs mereka bekerja sama dengan kampus ternama dan terbaik dari seluruh dunia. MOOCs yang bisa menjadi pilihan di antaranya Coursera, Audacity, EdX, MITx, dan Khan Institutte.

     Kamis 10 Desember lalu saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan gelaran acara yang di selenggarakan oleh HijUp.com dan Wardah, yaitu fashion show desainer busana muslimah kenamaan Ria Miranda, ini adalah tahun ketiga bagi Ria Miranda memamerkan karyanya dalam gelaran yang di beri tajuk Trunk Show, sebuah fashion show mini yang di tujukan untuk memberi gambaran singkat rancangannya di tahun mendatang, sebagai salah seorang desainer kenamaan tentunya karya Ria Miranda sangat di nanti, dan menjadi salah satu acuan trend, saya beruntung mendapatkan tiket acara ini sebagai hadiah dari kuis di twitter, peminat acara ini lumayan banyak looh! tetapi kapasitasnya terbatas, makanya kesempatan

      Perkembangan dunia digital yang cepat dan dinamis mengubah perilaku manusia,salah satunya dalam urusan jual beli,siapa yang mengira bahwa hari ini kita dapat melakukan transaksi jual beli cukup melalui genggaman tangan kapanpun dan di manapun, tidak perlu capek-capek meluangkan waktu untuk pergi ke pasar atau ke mall tinggal tunggu, barang pesananpun tiba di rumah, yaa...itulah belanja online, satu istilah yang lumayan sulit saya pahami saat mendengarnya untuk pertama kali, maklum saja sebagai ibu kudet yang rabun teknologi, membayangkan membeli sesuatu tanpa melih
at produknya, memegang atau memilih secara langsung, kok rasanya aneh yaa..? kok bisa yaa.. ? bagaimana caranya ?

    Namun karena hampir setiap hari di suguhi informasi tentang belanja online, yang tersiar di berbagai media seperti iklan, berita, media sosial dll, lama-lama tahu dan mengerti juga apa itu be

Akhir tahun 2015 sudah di depan mata, sebentar lagi tahun 2016 di mulai....hhmmm cepat sekali waktu berlalu.Dari tahun ke tahun saya punya kebiasaan menuliskan harapan, impian dan keinginan tahun berikutnya.Kata orang sih namanya resolusi...,tapi ngga tahu kenapa tidak terlalu sreg istilah itu. Karena sebelum mengenal istilah resolusi, saya sudah melakukan rutinitas ini dari jaman SD yang berlanjut sampai hari ini.saya biasa menyebutnya menulis Buku Harapan atau  orang mengenalnya Dream book, alhamdulillah...,sejauh ini sudah banyak hal yang jadi kenyataan dari setiap goal yang saya tuliskan walaupun ada juga yang meleset. Biasanya pertengahan bulan desember seperti ini saya sudah mulai lihat lagi tuh..,apa-apa yang saya tulis di akhir tahun dan bulan-bulan lainnya. Itulah salah satu cara tetap semangat

Sedikit kecewa, tahun 2015 ini sepertinya bukan tahun saya. Kenapa?..karena begitu saya baca ulang hmmm...ternyata banyak yang masih harus ditulis ulang untuk tahun berikutnya. Banyak faktor yang menyebabkan belum dapat terealisasi.Salah satunya ... karena saya hamil dan punya baby,hmmm....
                     
     Akhir tahun sudah di depan mata,seperti biasa pasti bersamaan dengan pelaksanaan ujian akhir sekolah anak-anak,sebelum ujian saja  jadwal sekolah mereka lumayan padat apalagi sekarang! sudah dapat di pastikan ngga bisa kemana-mana deh ! Harus fokus belajar,di tambah lagi pekerjaan ayahke yang menumpuk di akhir tahun mau ngga mau harus selesai,waktu weekend pun tetap di kerjakan hmm..sepertinya akan bertahan di rumah nih sampai penghujung tahun,kasihan juga sih mereka,sudah terbayang lelahnya,tapi mau gimana lagi itulah bagian dari rutinitas akhir tahun,belum lagi hujan yang sudah mulai rajin turun setiap hari,mmm..

  Dengan segudang tugas,ujian dan pekerjaan yang wajib di selesaikan sampai akhir tahun,ngga heran liburan jadi previlege banget dan di nanti dengan sepenuh jiwa raga ((lebay)) tapi sampai hari ini belum ada persiapan apa-apa,wweew...bisa kacau urusannya niih..! koper dan tas lama sudah jebol minta di ganti belum lagi baju renang anak-anak sudah pada ngga muat plus harus cari keperluan sekolah menjelang semester baru tahun depan,sedihnya lagi setiap kali lewat mall dekat sekolah
Saya mendengar lagu ini pertama kali dari anak ABG saya,waktu pertama kali dengar sempat terasa aneh,maklum saja terasa asing di telinga mendengarkan lagu berbahasa Arab bernuansa pop modern yang easy listening begini.

Biasanya lagu Arab kalau tidak bergaya qasidah  yaa shalawatan,apalagi lagu ini ternyata akhir-akhir ini jadi hits di mana-mana,bersaing dengan lagu Barat juga lagu Korea yang selalu di gandrungi,apalagi kedua puteri saya ternyata mempelajari chord nya.

   Jadilah mereka setiap hari sepulang sekolah bersenandung lagu ini dengan alat musiknya kakak menggunakan piano dan adiknya pakai gitar,yaa..selalu di dendangkan lag
        Selain usia apa yang membedakan kita dengan anak-anak ? jawabannya bisa bermacam-macam salah duanya pasti sikap dan sifatnya. Sebagai orang tua memperhatikan tingkah polah anak-anak sudah pasti menyenangkan, lucu, menggemaskan, terkadang ada rasa gregetan dan kezelnya terutama anak-anak di usia balita, TK sampai menjelang SD

     Sebagai manusia yang juga pernah merasakan menjadi anak-anak, pasti paham perubahan apa saja yang telah di alami, pepatah mengatakan menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa adalah pilihan kenyataannya banyak orang dewasa yang dalam perjalanan hidupnya justeru masih bersifat seperti anak-anak dan cenderung kepada sifat yang menyebalkan, seperti mau menang sendiri, tidak sabaran, emosional, cepat marah, manja dan lain-lain, anehnya justru sifat-sifat seperti ini yang bertahan hingga dewasa.



      Sudah menjelang akhir tahun nih, ngga terasa yaa, ini tandanya liburan akan segera tiba yeaay..! Siapa yang sudah punya rencana liburan jalan-jalan atau traveling? Memang menyenangkan yaa kalau bisa melakukan yang namanya liburan atau travelling apalagi kalau bareng keluarga atau teman dan perginya jauh keluar kota, luar pulau atau keluar negeri, katanya travelling bisa meredakan stress juga mengurangi baper *eh!

      Kalau pergi travelling apalagi ketempat yang jauh dan untuk jangka waktu yang lumayan lama tentunya harus punya tempat menginap dong yaa! syukur-syukur di tempat tujuan kita travelling ada saudara atau kenalan yang mengizinkan kita untuk menginap di tempatnya,asyik tuuhh..! bisa menghemat budget, iya apa iya!?

   Kalau ngga ada,sudah pasti hotel jadi pilihan. Buat yang sering jalan-jalan atau traveling apa yang kamu lakukan begitu masuk kamar hotel? Pilihannya bisa macam-macam,ada yang langsung tepar karena kelelahan di perjalanan,mandi atau lihat pemandangan dari jendela hotel, kalo saya biasanya cuci kaki leyeh-leyeh, selonjoran sebentar dan buka buku petunjuk kamar hotel yang biasanya ada di meja atau di nakas,samping tempat tidur,untuk apa buka buku petunjuk kamar hotel?

       Setelah sekian lama absen, hari sabtu kemarin akhirnya bisa juga hadir di pengajian bulanan, buat ibu-ibu macam saya penting banget me recharge hati dan iman supaya hati dan kehidupan selalu adem, tentrem, terarah, bersih dan nggak bulukkan he..he.. alhamdulillah  sepulang ngaji selalu bertambah wawasan dan pencerahan baru.

       Sebenarnya pembahasan taklim kemarin topik utamanya membahas tentang  bulan Muharram atau tahun baru dalam islam sesuai momentum satu Muharram, dasar saya mah ibu-ibu yang hobi salah fokus, ustadzah nya ngomong apa?! Yang nempelnya di kepala apa!

     Setelah ngomong panjang lebar soal tahun baru islam, nggak ingat berawal dari mana ustadzah koq belok membahas hal yg selama ini sering di anggap sepele tapi harus hati-hati karena nanti di hari

Padatnya arus lalu lintas, macet di mana-mana, motor yang bersliweran bak lalat, kadang tak tentu arah, penyeberang jalan, pedagang kaki lima tidak beraturan, yup..!! melihat pemandangan suasana lalulintas di jalan adalah salah satu hal yang mengerikan bagi saya, sebagai penumpang saja terkadang saya merinding di buatnya apalagi jika saya yang harus menjadi pengemudi alias supirnya, sudah dapat di bayangkan kepusingan seperti apa yang ada di kepala.

Itulah gambaran singkat rasa ketakutan saya ketika suatu hari misua meminta saya untuk bisa bawa mobil sendiri, sebagai ibu yang full time di rumah rutinitas saya adalah mengantar jemput anak-anak sekolah alias jadi ojek pribadi hihihihi..dengan tiga anak, dua di SMP dan satu di SD belum lagi di tambah mengantar mereka pergi les atau belajar tambahan, sebenarnya kami bisa saja melepas anak-


Kemarin pagi  seorang teman mengirimkan broadcast gambar ini melalui whatsapp, dan seketika saya langsung mellow, ahhh....!! rasanya sudah lama sekali saya tidak ‘memeluk’ anak saya, anak-anak sudah beranjak remaja, jangankan di peluk, di tuntun untuk nyebrang jalan aja kadang menolak, tapi sedikit lega beberapa teman yang merespon broadcast gambar ini, merasakan hal yang sama seperti  saya, anak-anak  mereka terutama anak-anak

      Pada dasarnya memilih sekolah sepak bola itu yaa mirip-mirip seperti kita mencari sekolah pada umumnya,minimnya pengetahuan saya mengenai sepak bola sedikit menyulitkan saya waktu memilih sekolah sepak bola yang tepat,beruntungnya sekolah sepak bola ini pilihan anak saya sendiri,dan ternyata menurut saya secara keseluruhan sudah cukup bagus.

    Tak ada ekspektasi apapun bagi saya saat mengiyakan anak saya untuk ikut sekolah sepak bola, apalagi menjadikan anak supaya seperti Messi,Christiano Ronaldo,Evan dimas atau Bambang Pamungkas,memang tidak bisa di pungkiri ada beberapa orang tua mungkin..mungkin loh yaa...! terobsesi menjadikan anaknya bintang di lapangan hijau,itu sah-sah saja,toh memang sepak bola memberi peluang untuk itu, selain itu memang banyak anak yang memiliki impian menjadi bintang sepak bola besar,sudah sewajarnya orang tua mendukung kemauan anak,saya sendiri waktu saya bertanya kepada Daya ingin menjadi apa dengan bermain bola,yaa dia hanya bilang "...belum tahu bu..!'
yup..selama dia senang dan happy menjalaninya ayoo aja ikuti terus..!! yang utama nilai-nilai penting bermain sepakbola bisa di pahaminya

Tips Memilih Sekolah Sepak Bola Yang Bagus

   Setelah rajin mengikuti Daya berlatih bola sedikit banyak saya bisa memberi gambaran hal-hal apa yang harus di perhatikan sebelum memilih sekolah sepak bola yang tepat,jadi untuk yang sedang mencari rujukan sekolah sepak bola yang bagus,bisa simak hal-hal berikut :

1.Tempat atau lokasi pilih yang relatif dekat dengan rumah,perhatikan juga kondisi lapangan tempat berlatih,walaupun sepak bola permainan outdoor tetap perhatikan kenyamanan,lebih nyaman apabila sekolah sudah mempunyai tempat di stadion biasanya sekolah seperti ini bekerja sama dengan klub sepak bola yang  besar,sebaiknya hindari  sekolah yang lapangannya terlalu dekat dengan jalan raya atau pemukiman padat penduduk,kalau bisa tanyakan kepada pelatih status lapangan apakah menyewa (pastikan sewanya berlaku jangka panjang) atau milik sendiri atau milik pemerintah,ada beberapa kasus sekolah sepak bola di larang bermain karena lapangannya bermasalah atau mendadak pindah lapangan yang lebih jauh karena berbagai sebab (di gusur,di bangun rumah/ruko),

2.Jika kondisi cuaca tidak memungkinkan cari tahu apakah sekolah mempunyai tempat alternatif latihan yang tetap,seperti tempat futsal,atau lapangan indoor lainnya

3. Jam latihan,pilih sekolah sepak bola yang bisa fleksibel dengan jadwal anak sehingga tidak bentrok dengan kegiatan anak lainnya,seperti sekolah,ngaji atau les lain.

4. Jenjang usia,sekolah sepak bola dapat di mulai saat anak sudah memasuki usia sekolah dasar,sekolah sepak bola yang bagus menempatkan anak sesuai dengan jenjang umur dan kategori usia dalam kompetisi misalnya U-7,U-8.U10,U12 dll.kalau sesi latihan sudah bercampur semua umur dalam satu lapangan kebayang kaann...?

5. Cari tahu track record pelatih utama atau head coach dan asisten pelatihnya,pelatih yang bagus setidaknya pernah berpengalaman menjadi pemain klub sepak bola besar,lebih keren lagi jika pernah bergabung di tim nasional atau klub luar negeri yang bagus

6. Cari informasi prestasi juga pengalaman bertanding sekolah  gelar juara apa saja yang sudah di raih selama ini.

7. Sekolah sepak bola yang bagus selalu rajin ikut kompetisi baik di tingkat daerah sampai nasional,pastikan sekolah mempunyai jadwal kompetisi reguler selama setidaknya enam bulan kedepan,kompetisi di perlukan untuk memompa semangat anak-anak berlatih,percuma latihan kalau tidak bertanding.

8. Sekolah yang bagus biasanya mempunyai kejuaraan sendiri,misalnya mengadakan kompetisi dalam rangka ulang tahun sekolah atau ulang tahun head coach he..he.. kompetisi ini di ikuti tim sekolah sepak bola lain

9.Lakukan trial sebelum memutuskan mendaftar,sekolah yang bagus memberikan kesempatan anak untuk trial,di tempat Daya berlatih coach memberikan tiga kali kesempatan untuk mencoba berlatih.

10. Biaya yang terjangkau,sesuai dengan fasilitas yang ada,maklum yaa... katanya kan ada uang ada harga..! apalagi kalau itu sekolah sepak bola yang menggandeng klub-klub nasional atau klub top  dunia tapi jangan berkecil hati banyak juga loh..! sekolah sepak bola yang berbiaya sangat terjangkau dengan fasilitas seadanya prestasinya bagus,karena itu bijaklah memilih yang sesuai.

11. Perhatikan manajemen pengurusan sekolah,sekolah yang bagus selalu melibatkan orang tua dan transparan.

12. Kerjasama antara satu orang tua dengan orangtua lain dan dengan pihak sekolah terjalin rapi dengan komunikasi yang lancar dan kompak,menjadi poin plus jika semua mengedepankan sistem kekeluargaan,karena saat musim kompetisi adaaa saja urusan,omongan ini..itu..!! yang kalau tidak di komunikasikan dengan benar bisa bikin rempooonnggg cuiin..!! hahaha...

       Yup..kurang lebih itu gambarannya yaa..mudah-mudahan sepak bola Indonesia terus maju di kaki anak-anak kita sebagai penerus bangsa,tidak ada lagi konflik kepentingan yang berkepanjangan,kerusuhan dan keributan jadi suatu hari nanti bisa tampil di ajang piala dunia menjadi kebanggaan bersama,tetap semangat!!

                                               







Masih hangat berita kemenangan klub sepak bola Persib Bandung dalam ajang Piala Presiden,olahraga yang menjadi favorit hampir semua  orang tua,muda,laki-laki perempuan,di kampung,di kota,semua orang suka,apalagi buat yang menonton pertandingan sepak bola secara langsung di stadion pastinya euphoria,luapan emosi,gegap gempita dan kegembiraan saat menonton sepak bola menghadirkan sensasi perasaan tersendiri.

Saya bukan penggemar sepak bola sejati dan sempat berpikir panjang waktu menyetujui  anak saya Daya yang merengek minta di daftarkan ke sekolah sepak bola, bagi saya sepak bola ini olahraga yang lumayan keras serta menuntut katangguhan fisik yang prima,perasaan ibu rasanya koq nggak tega yaa...! melihat anak bejibaku di lapangan,tetapi berhubung kemauan anaknya kuat  akhirnya luluh juga.

    Dan sudah hampir setahun ini Daya mengikuti latihan di sekolah sepak bola dan beberapa kali juga mengikuti kompetisi,banyak kemajuan perkembangan yang di alami selama berlatih sepak bola,di luar hingar bingar keriuhan dan kadang kerusuhan yang terjadi di dunia sepak bola,sepak bola ternyata juga mengajarkan banyak hal positif yang sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak terutama dalam usaha melatih perkembangan karakternya  yang jarang di ajarkan di sekolah.

Sepak Bola 
                           
Melatih Kondisi fisik anak lebih kuat dan tangguh,anak-anak  di wajibkan latihan fisik untuk mengurangi resiko cedera saat bermain,porsi latihan tentu di sesuaikan dengan usianya,karena adu fisik,berbenturan,bertabrakan,jatuh dan saling sikut adalah hal yang biasa saat bermain sepak bola di sinilah kekuatan jantung juga  kekuatan fisiknya terbentuk anak-anak menjadi lebih bisa menahan sakit  dan tidak mudah lelah,kebayang kaaan..?!! berlari-lari mengejar bola juga jatuh bangun di lapangan yang  begitu besarnya,tentu capeknya luar biasa!

Melatih kepercayaan diri anak,karena anak-anak bisa mengekspresikan kemampuannya tanpa di bayangi perasaan malu atau takut salah,dalam bermain sepak bola semua harus total,tidak boleh minder.

Melatih Disiplin dan menghargai waktu karena jadwal latihan yang ketat maka harus bisa membagi waktu antara  waktu belajar di sekolah,di rumah dan juga waktu bermainnya, melatih anak untuk selalu datang tepat waktu,apalagi jika  mendekati masa kompetisi,jadwal latihan menjadi makin intensif.

Melatih tekad yang kuat,dalam bermain sepak bola anak jadi mempunyai semangat juang, keinginan dan usaha yang kuat untuk mencapai tujuannya mencetak gol

Melatih mental tahan banting terutama saat menghadapi tekanan dan serangan,anak menjadi lebih kuat secara mental,tidak mudah menyerah dan putus asa.

Melatih kesabaran,menahan diri dan emosi,menyerang dan bertahan dalam sepak bola memerlukan strategi,menunggu kapan meyerang dan harus bertahan pada waktu yang tepat sangat penting, sepak bola melatih anak menahan diri untuk mau menunggu waktu yang tepat dan tidak terburu-buru,belum lagi meski serangan sudah maksimal gol tidak kunjung terjadi kadang membuat emosi naik di tambah tindakan  tim lawan yang kadang sengaja memancing emosi,di sinilah kesabaran anak terlatih.

Melatih memahami kompetisi yang benar dan sehat,jika anak tidak paham makna kompetisi yang sehat tentunya dia akan menggunakan segala cara untuk menang  tanpa mamahami proses dan arti kemenangan yang sesungguhnya.

Melatih anak untuk fokus,sepak bola melatih anak menjadi lebih fokus,fokus pada tujuannya mencetak gol.

Melatih kerjasama tim dan toleransi sepak bola di mainkan secara berkelompok sudah pasti memerlukan kerjasama antar pemain,dalam sepak bola semua posisi adalah sama,tidak ada yang lebih bagus atau jelek,masing-masing berperan dan mempunyai tanggung jawab sesuai dengan posisinya,hal yang tidak bisa di benarkan jika dalam bermain sepak bola ada yang ingin menonjol sendiri,kekalahan dan kemenangan yang di capai adalah karena hasil kerjasama

Melatih menghargai orang lain meskipun itu berseberangan yaitu musuh atau lawan,bermain secara fairplay dan menjunjung tinggi nilai spotifitas menjadi prinsip utama dalam sepakbola

Melatih anak untuk bisa menerima kenyataan dengan lapang dada,terutama saat mengalami kekalahan,mereka kadang menangis tetapi hanya sesaat kemudian dengan mudahnya tersenyum lagi,serta melatih tetap rendah hati dan tidak sombong  saat menang.

Melatih pemahaman makna spiritual yang lebih mendalam karena  setiap kali tim mencetak gol anak-anak selalu di ajarkan untuk melakukan sujud syukur,ini mengajarkan anak bahwa apapun yang terjadi selalu  ada campur tangan Tuhan di dalamnya.

Sampai menjelang akhir tahun masih ada beberapa kompetisi lagi yang harus di jalani anak-anak tim sekolah sepak bola anak saya Daya,menang atau kalah itu biasa,yang penting dia senang menjalaninya dan  bisa memahami nilai-nilai yang di ajarkan dalam bermain sepak bola yang pasti akan bermanfaat untuk proses kehidupannya kelak menjelang dewasa dan satu hal lagi yang seru adalah kebersamaan antara orangtua anak-anak tim kami,setiap kali anak-anak bertanding,ramainyaaa...!! tidak kalah dengan gemuruh suasana di Senayan.




Pertama kali saya mengalami proses persalinan hampir empat belas tahun yang lalu, saya selalu bersyukur semua proses persalinan anak-anak saya berjalan lancar, pada beberapa pengalaman persalinan sebelumnya, sama sekali saya belum pernah mendengar istilah (apalagi merasakan) apa itu Inisiasi Menyusui Dini atau IMD, bahkan sampai kelahiran anak ketiga saya sembilan tahun lalu, yang saya tau segera setelah proses kelahiran, bayi saya langsung di bawa oleh perawat untuk segera di bersihkan dan di mandikan, sementara perawat yang lain akan sibuk meneruskan "pekerjaannya" dengan saya di ruang bersalin, hingga semua proses selesai bersih dan rapi kemudian tidak berapa lama taarrraa...! bayi saya di bawa ke hadapan saya dalam keadaan sudah di bedong dan wangi.


Hal yang berbeda saya alami pada proses persalinan anak saya yang terakhir baru-baru ini, sungguh saya sama sekali awam dengan IMD, bahkan saya sama sekali tidak pernah mencari info apa itu IMD, entah ini karena saya yang terlalu kudet atau mungkin karena saya yang berasa sok' pengalaman melahirkan, toh ini sudah yang kesekian kalinya jadi yaa untuk apa mencari info ini itu..sekilas saya ingat pernah  mendapat penjelasan apa itu IMD justru dari salesgirl susu yang ada di sekitar rumah sakit tempat saya memeriksa kandungan, sales ini hanya menjelaskan bahwa sesaat setelah bayi di lahirkan akan langsung di berikan ASI oleh ibu, selebihnya menawarkan susu (yaa..secara dia kan mau jualan susu yaa, bukan sosialisasi ASI) belakangan baru saya tau kalau rumah sakit tempat saya bersalin ini rumah sakit pro IMD.



Inisiasi Menyusui Dini merupakan prosedur langkah awal yang di lakukan antara ibu dan bayi sesaat setelah bayi di lahirkan, membiarkan kulit ibu dan bayi melekat satu sama lain (skin to skin) kontak kulit ini akan berlangsung setidaknya kurang lebih satu jam atau sampai bayi bisa menyusui awal dengan mencari sendiri puting susu ibunya ada beberapa tahap perilaku bayi sebelum menemukan dan menyusu untuk pertamakalinya, pada tigapuluh menit pertama bayi bayi seolah rileks sesekali melihat ibunya dan menyesuaikan diri dengan lingkungan, kemudian bayi akan mengeluarkan suara melakukan gerakan mengisap dan memasukkan tangan ke mulut sehingga mengeluarkan air liur, kemudian kaki-kaki mungilnya akan bergerak menekan perut ibu untuk bergerak ke arah payudara sambil menjilati kulit ibunya dan berusaha meraih puting menoleh kekanan dan kekiri setelah berhasil bayi akan berusaha mengulum dan membuka mulutnya untuk mulai menyusui.


Untuk anda yang merencanakan hamil sedang hamil,atau sebentar lagi akan melahirkan sumpah dehh!! anda harus merasakan IMD, tanyakan ke rumah sakit,klinik atau bidan tempat rencana anda melahirkan karena katanya  tidak semua tempat bersalin melakukan IMD, dan jika ternyata tidak bisa atau tidak ada anda berhak bertanya dan merequest IMD, saya bersyukur bisa merasakan ini, karena saya punya perbandingan dengan kelahiran tanpa IMD, ini pengalaman yang menakjubkan dan luarbiasa, bayangkan!! dalam kondisi setengah sadar bisa di bilang kondisi "trance" dengan perasaan campur aduk sambil menahan rasa sakit yang luar biasa, ada makhluk hidup kecil mungil berada di pelukkan dengan jari-jari kaki dan tangan yang imut, sementara rambut dan kulit lendirnya melekat erat di kulit, wajah kecil, mungil, lucu dan menggemaskan dengan bibir mungil nya sambil tengok kanan kiri berusaha mengangkat kepalanya dan sesekali tatapan mata kami beradu, sampai dia berhasil menyusui, haaduduuh!!....Masha Allah..!! rasanya dekapan dan pelukkan itu tak mau saya lepaskan, seolah saya ingin berkata bicara apa saja tapi bibir terasa kelu hingga tak terasa air mata menetes ternyata sejatinya setiap manusia sejak hari pertama memulai hidupnya di dunia sudah mampu mencari sumber kehidupannya, dan sangat di sayangkan saya sama sekali tidak terpikir untuk mendokumentasikan momen ini (nyeseel..!)

Saat ini bayi saya sudah hampir tiga bulan sehat lucu juga menggemaskan, IMD setelah saya tau manfaatnya luar biasa bagi tumbuh kembang bayi di kemudian hari, selain dapat mengurangi resiko kematian pada bayi yang baru di lahirkan IMD membuat pernafasan dan denyut jantung lebih stabil karena bayi merasa selalu terlindungi, bayi akan lebih kuat daya tahan tubuhnya terhadap serangan kuman dan bakteri karena ASI yang di berikan pertama kali banyak mengandung kolostrum sebagai antibodi, IMD akan memudahkan proses keluarnya ASI yang bisa mendukung keberhasilan pemberian ASI ekslusif serta banyak lagi yang lainnya, yang pasti bonding atau ikatan batin  antara bayi dan ibu lebih terasa feelnya setidaknya itu yang saya rasakan, semoga banyak ibu-ibu lain yang bisa melakukan proses IMD yang luar biasa ini.



Saya selalu percaya bahwa di balik semua barang yang kita miliki pasti terselip kisah di balik proses pembuatannya yang kita tidak tau,salah satunya di ceritakan di film favorit saya ini,meskipun sampai hari ini masih dalam tahapan mimpi punya berlian hehe..,film ini judulnya "Blood Of Diamond",suka banget dengan film ini ya pastinya apa lagi kalau bukan karena Leonardo Di Caprio sebagai pemeran utama yang masih tetap kece sampai hari ini eaaaa....selain itu film ini menyentuh sekaligus tragis betapa bongkahan batu berlian mampu membuat satu negara yang harusnya bisa kaya raya,justru terpecah belah dengan konflik berkepanjangan hingga di dera kemiskinan sekian lama,dan bukan cuma itu  secara keseluruhan film ini luarbiasa setting,musik,pemeran,akting,cerita,sinematografi,musik semuanya keren dan layak jadi film sepanjang masa.

Film "Blood Of Diamond" adalah film fiksi berlatar perang yang menceritakan konflik antar suku yang terjadi di Sierra Leone salah satu negara di Afrika Barat sekitar tahun 1996-2000 di sana terjadi pemberontakkan oleh RUF (Revolutionary United Front) yang melakukan aksi pertambangan berlian untuk membiayai pemberontakkannya dan mengerahkan orang-orang yang menjadi tahanannya di (paksa) pekerjakan di tambang-tambang berlian.

Salah satu tahanan itu adalah seorang nelayan bernama Solomon Vandy di perankan dengan apik oleh Djimon Honsou,suatu hari pasukan RUF menyerbu kampungnya yang damai hingga Solomon terpisah dari isteri juga ketiga anaknya dan  menjadi tahanan RUF yang di pekerjakan di tambang berlian,pada suatu hari Solomon mendapatkan berlian berwarna merah muda seukuran ibu jari tangannya,berlian sebesar itu berharga sangat mahal,di bayangi impian untuk dapat berkumpul lagi dengan keluarganya Solomon berniat menyelundupkannya,namun sayang aksinya di ketahui,meski begitu ia berhasil lolos dan menyembunyikan berlian itu di tempat rahasia,dari sinilah masalah bermula.

Adalah Danny Archer seorang mantan prajurit penyelundup senjata kepada pasukan RUF yang di bayar dengan berlian di perankan Leonardo Di Caprio,harus mengganti berlian,karena di sita saat melakukan transaksi jual beli senjata yang di gagalkan pemerintah,jika tidak dapat mengganti berlian itu dia harus mengganti dengan nyawanya,berlian tersebut milik Kolonel Kotzee (Arnold Vosloo) mantan atasan Danny yang kejam dan rakus,Danny merupakan anak didik sang kolonel dan ingin terlepas dari cengkeraman sang kolonel

    Setelah menjadi tahanan di tambang nasib membawa Solomon ke penjara,Danny mendengar cerita tentang berlian yang di temukan Solomon,Danny berusaha mencari Solomon,setelah bertemu Solomon,dengan susah payah Danny membujuk Solomon,tapi dengan janji akan mengeluarkannya dari penjara dan menjamin Solomon dapat bersatu lagi dengan keluarganya,Solomon bersedia berlian itu di jadikan sebagai imbalannya.

Petualangan pun terjadi sepanjang perjalanan mereka ketempat Solomon menyembunyikan berliannya,di sinilah penggambaran tentang kekejaman perang di tampilkan,yang membuat hati siapa saja yang memiliki rasa perikemanusiaan pasti terusik,hal ini juga yang menjadi sorotan Maddy Bowen (Jennifer Connely) seorang jurnalis wanita  yang bertugas meliput di daerah konflik dengan tujuan mendorong kebijakkan lembaga internasional untuk segera mengesahkan undang-undang internasional yang melarang transaksi jual beli berlian yang berasal dari negara yang sedang berkonflik,karena itulah Maddy memanfaatkan Danny sebagai sumber berita karena Danny mengetahui seluk beluk perdagangan berlian ilegal,dari mulai  tambang sampai kepada pengusaha besarnya.

Danny dan Maddy yang bertemu tanpa sengaja di suatu kafe  secara tersirat memiliki ketertarikan satu sama lain,namun sebagai mantan prajurit dengan luka hati dan pengalaman masa kecil yang pahit,hal yang tidak lazim bagi Danny menggunakan perasaannya,meski begitu Danny meminta bantuan Maddy untuk memfasilitasi keluarga Solomon di pengungsian supaya bisa di persatukan kembali,sialnya salah seorang anak Solomon bernama Dia ternyata di ambil oleh RUF dan di rekrut menjadi tentara kecil yang sadis dan kejam,sejatinya Dia adalah anak yang manis,pintar,hormat dan sayang kepada ayahnya namun RUF telah mencuci otaknya,mengetahui Solomon sedang mencoba kembali mengambil berliannya tentara RUF memanfaatkan Dia sebagai senjata untuk menaklukkan Solomon.

Lika-liku perjalanan Danny dan Solomon mengambil kembali berliannya,di penuhi adegan yang menguras emosi dan air mata kekejaman perang mengakibatkan bencana bagi banyak orang yang tak berdosa terutama wanita dan anak-anak,nyawa seakan tiada berharga,pembunuhan,pemerkosaan menjadi hal yang biasa,bahkan ada satu kalimat Danny yang sangat dalam sekali "Tuhan sudah lama meninggalkan tempat ini..." dalam perjalanannya inilah Danny mulai tersentuh,melihat semangat perjuangan Solomon ternyata meluluhkan hati nuraninya,nilai-nilai pentingnya keluarga,kebersamaan,kebebasan yang tak pernah dia miliki mengusik relung hatinya,di akhir cerita yang sangat menyedihkan Danny memilih melepaskan obsesinya terhadap berlian Solomon kemudian mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Solomon juga memenuhi janjinya mewujudkan keinginan Solomon bersatu lagi dengan keluarganya,Solomon akhirnya dapat bersatu lagi dengan keluarganya,Solomon dan keluarganya di boyong Maddy ke Eropa untuk menjadi saksi dalam persidangan yang menguatkan penetapan berlakunya undang-undang pelarangan transaksi jual beli berlian dari negara yang sedang berkonflik.

     Perang yang terjadi di masa itu adalah nyata,beberapa negara di Afrika terlibat perang saudara yang menguras sumber daya alamnya yang kaya akan emas dan berlian sebagai modal untuk berperang,film ini memberi pesan betapa mahalnya harga yang harus di bayar dari sebuah peperangan,dan pentingnya mewujudkan perdamaian di muka bumi.

Film ini membuat saya menangis (lagi) terutama saat adegan Danny berjuang menahan sakitnya tertembak dan kehilangan banyak darah mengingatkan saya pada adegan di film Titanic saat Jack Dawson tenggelam huhuhuhu..film ini mendapatkan nominasi Ocar di ajang Academy Award tahun 2007 untuk kategori Film Terbaik,Aktor Terbaik (Leonardo Di Caprio),aktor pendukung terbaik (Djimon Honsou) meski Leonardo tak terpilih sebagai pemenang bagi saya akting Leonardo layak di ganjar piala Oscar.

Sebagai penggemar film yang tidak rajin ke bioskop hehehe..saya tidak memilih film berdasarkan genrenya hampir semua jenis film kalau bagus saya tonton,tapi memang saya lebih suka menonton film action,terutama yang berlatar perang seperti Saving Private Ryan,Tears Of The Sun,Braveheart,The Patriot atau Pearl Harbour,tapi bukan berarti saya senang kekerasan, perang dan senang ribut lohh..!! justru saya ini cinta damai,..pissss ah tunjuk tangan V..! ini film-film yang bukan hanya sekedar tembak-tembakan dar..der..dor.. nggak jelas! tapi ini film-film berlatar perang yang menurut saya memberikan pemahaman yang mendalam arti perdamaian,setiakawan,solidaritas,pengorbanan,pengabdian,dan kepahlawanan yang sesungguhnya awalnya sih mungkin karena waktu kecil  dulu hobi banget nonton "Tour of Duty" dan "Air Wolf" sampai bela-belain menunggu di depan satu-satunya rumah tetangga yang punya tivi dengan saluran RCTI,apalagi nontonnya rame-rame sesuatu yang sangat berkesan sampai hari ini.

     Saya juga suka film drama psikologi atau film yang sulit di mengerti alur ceritanya hingga memaksa penontonnya untuk berpikir,sudah selesai pun masiiih aja kepikiran mengerutkan jidat terus nanya dan gumam sendiri nggak jelas,..kok bisa yaa??..kenapa yaa..? iya juga ya! hahaha..Kalau mau ketawa beneran saya lebih suka nonton film drama komedi romantis yang bikin nyengir tapi  hati ngerenyes-ngrenyes iyuh..iyuh..! tidak suka film komedi konyol,apalagi slapstik yang asal,kecuali filmnya Warkop DKI yang  melegenda,berulangkali di tonton masih tetap bisa tertawa ngakak..bahahahaha...

   Ini sekelumit cerita tentang film favorit saya,so.. what movie are you?



       "Postingan ini diikutsertakan dalam Evrinasp SecondGiveaway: What Movie are You? 

 

 
   
       

   
   

     

       

   

 
Beberapa tahun belakangan perkembangan hijab sungguh luar biasa mulai dari bahan,model dan cara pakai yang bervariasi, saya jadi ingat masa-masa awal saya berhijab, saya berhijab sejak SMA sekitar tahun 95an (ketahuan umurnya deh...!) modelnya yaa gitu-gitu aja alias monoton bahan kaos,lycra atau jersey belum banyak di pakai, bajunya model gamis lurus dengan potongan yang  kaku,paduan rok atau celana kulot dengan kaos atau kemeja tangan panjang pilihan kerudung baru ada segi empat berbahan katun kalau mau tampil beda,bisa pilih yang beraksen bordir atau payet sedikit, scarf pashmina belum familiar di gunakan,cara pakainya pun ya biasa banget cukup dengan sematkan peniti, tanpa bros, beres!!..jadi kesannya jaman dulu tuh yaa kalau anak muda berhijab kelihatan kayak emak-emak,norak dan tua banget, apalagi kerudung model bergo belum bermodel manis seperti sekarang, waktu itu kerudung langsung jadi di buat dengan model seperti mukena berukuran mini  jadi kebayang kan?? makanya kalau saya melihat album foto jadul, suka mesem-mesem nggak jelas..uumm

Beda dengan sekarang di tangan desainer-desainer handal,memakai  hijab jadi lebih mudah stylish,modis, chic, trendy, dan membuat pemakainya lebih pede terutama di kalangan anak muda,bahkan beberapa tahun belakangan pemakaian hijab sudah bisa di bilang menjadi trend seiring makin banyaknya publik figur, artis, selebritis yang berhijrah mengenakan hijab.

Sebagai pemakai hijab yang mengalami transisi hijab dari masa ke masa,hijab berbahan kaos atau jersey tetep yang paling nyaman untuk saya,saya tidak sreg memakai hijab berbahan satin yang licin susaah banget rapinya atau hijab yang berbahan terlalu kaku, hijab berbahan paris masih lebih oke karena membentuk muka lebih pas, koleksi hijab saya di dominasi warna-warna  pastel yang lembut dan kesannya girly banget jadi bikin berasa awet muda hehehe...tapi warna hitam juga jadi favorit karena cocok di pakai di segala suasana, saya nggak terlalu suka ikut-ikut trend, pernah coba ikut-ikutan pake hijab puter-puter,lilit-lilit, selip-selip apalah...!! ternyata rempoong..!! hmmm..apalagi kalau buat sehari-hari,emang sih bagus dan terlihat kece tapi sebagai ibu yang mobile anter jemput anak sekolah aduuh ribeet nya...! hijab model bergo udah paling top menurut saya, tinggal pake langsung cuusss..! tapi bolehlah sesekali kalau pergi taklim,kondangan atau acara tertentu pakai hijab ala-ala selebgram itupun pakai model yang paling simple aja,nggak bertumpuk dan berlapis-lapis  apalagi blink-blink ngejreng, yang penting sesuai dengan acara,waktu dan tempat.

    Memakai hijab yang nyaman di hati itu wajib,setiap orang pastinya punya style dan gaya masing-masing yang di rasa sesuai dengan karakternya maka jika hijabnya nyaman di hati, aura muslimah yang cantik, anggun dan solehah akan lebih terpancar,jangan sampai sekedar ikut-ikutan trend yang ternyata membuat kurang nyaman jadi terkesan maksa,karena itu penting banget sebagai pemakai hijab terus belajar,meningkatkan,mengasah dan memperdalam ilmu agama lebih baik agar syarat berhijab yang benar menurut syari'at  terpenuhi yaitu longgar tidak ketat dan tidak membentuk lekuk tubuh,tidak transparan,dan menutup dada.

    Saya bangga dan alhamdulillah masih bisa terus konsisten berhijab hingga hari ini,apalagi pemakaian hijab sekarang sudah lebih terbuka dan bebas,makin banyak kita temui perempuan berhijab di mana-mana di jalan, rumah, sekolah-sekolah, kantor atau institusi maklum saja saya mengalami masa dimana hijab pernah menjadi sesuatu yang aneh,sesuatu yang anti mainstream dan sempat dilarang,merasakan sulitnya mencari pekerjaan dan mengalami banyak penolakan dengan alasan hijab jadi ada perasaan terharu melihat tumbuh  pesatnya pemakai hijab saat ini.


    By the way ini kali pertama saya nulis dan ikutan GA,terutama karena ini GAnya Mak Ruli sahabat saya kiss..kiss...hug.. mak..! semoga makin hari hijabnya makin nyaman di hati selalu istiqomah dengan hijabnya, kita sama-sama belajar mak..!! jujur mak mupeng sama hadiahnya tapi saya nggak ngarep dapat hadiahnya,maklum anak bawang nih mak urusan tulis menulis,tapi kalo dapet sujud syukur deh mak..! sekalian latihan menulis juga,karena mak Ruli yang ngadain GA jadi pede pedein aja dehh..!!






 










 

 

Balada Blogger Pemula

October 02, 2015 in
Ternyata nggak gampang yaa nulis blog,alih-alih mau nulis,muter-muter brosing sana sini..wwiidihh..ternyata banyak blog keren,kece,bagus,luar biasa,di luar sana baik secara isi atau konten maupun tampilannya,ternyata saya ketinggalan jauh dan kudet akut!..(tepok jidat)

Orang bijak mengatakan "Tak ada kata terlambat",..justru ini menambah semangat saya,semangat empat lima saya pun muncul aahh harus bisa juga neyyh!! apalagi bersyukur banget banyak blogger expert dan para penulisnya buaanyakk banget yang baik dan murah hati sharing atau berbagi semua tips,tutorial,trik dan cara buat blog ( isi,konten,teknis,tampilan) yang menarik,walau sebenernya ada cara yang lebih praktis dan cepet asal mau hire orang yang lebih ngerti urusan blog atau web,tapi namanya emak-emak yaa kalo ada yang gratis ngapain bayar!(hehehe..),yang penting koneksi internet on terus,hajar aja... padahal baby dah oek-oek dan kerjaan rumah manggil-manggil hmmm...
Perjalanan ke car free day minggu kemarin,selain di barengi dengan perayaan HUT TNI yang ke 70,ada juga pawai peringatan  World Alzheimer Day, sebenernya saya tertarik banget untuk melihat dan tanya-tanya di booth dan stand yang ada di sana,tapi yaa ini baby dah mulai rewel, tambah kakak-kakaknya yang dah rempong ngga sabar ingin segera  masuk ke Monas, padahal dah kesekian kali ke Monas tetap aja masih excited.....yaa..ngalah aja deh..padahal saya penasaran sama poster-poster yang di bawa sama para peserta pawai, yang salah satunya samar-samar saya baca mengenai tanda-tanda awal dan gejala alzheimer, yang beberapa di antaranya sering saya alami..hadeeuuhh..

Menjawab rasa penasaran saya coba cari info tentang alzheimer,yang kita lebih sering bilang pikun yaa..dan saya baru ngeh beberapa bulan  lalu ternyata saya pernah kesasar di youtube,niatnya cari tutorial makeup ala-ala korea malah jadi kegiring nonton film A moment To Remember yang bikin saya nangis bombay, ceritanya tentang kisah perjalanan cinta sejati pasangan muda dengan penderita alzheimer.

Alzheimer atau Pikun itu sebenernya satu jenis penyakit sebagai orang awam kita sering menganggap itu hal yang biasa,rata-rata penderita alzheimer memang berusia lanjut,alzheimer identik dengan penyakit tua,maksudnya hanya menyerang orang-orang yang sudah tua tapi setelah menonton film Korea di atas ternyata tidak menutup kemungkinan alzheimer bisa terjadi pada orang-orang muda yang masih di usia produktif.

Alzheimer adalah suatu gangguan otak atau dimensia (hilang ingatan,pikun,lupa) yang menahun dan terus berlanjut sampai tidak bisa kembali lagi seperti semula. Dimensia menurunkan fungsi intelektual dalam berbagai hal sampai taraf yang berat sehingga mampu merubah hubungan sosial dan perilaku penderitanya, penyebab penyakit alzheimer sendiri biasanya di sebabkan oleh faktor genetik dengan riwayat keluarga penderita alzheimer sebelumnya,penderita diabetes,hipertensi,kolesterol, kurang olahraga, dan berkurangnya daya serap tubuh terhadap vitamin dan nutrisi yang di alirkan ke otak karena faktor usia
  
     Gejala penyakit alzheimer antara lain: ( saya rangkum dari berbagai sumber di mbah google)


- Sering terjadi gangguan memori, mudah lupa bahkan bisa menganggu keterampilan dari satu pekerjaan..misalnya sering sekali lupa di mana menyimpan kunci rumah,motor,mobil,dompet,hape dll 

(hmmm..saya banget dah..) tapi alhamdulillahnya belum sampe taraf  menganggu ketrampilan yaa..

- Disorientasi tampat dan waktu atau sering tertukar..yaa ini juga sering niih..yang nggak pernah lupa dan nggak tertukar itu pas hari gajian  hahaha..

-Sering lupa nama teman,alamat,janji,tempat kerja atau tempat janjian 

ini alhamdulillah belum yaa apalagi sama teman yang hobi ngutang nggak bayar-bayar atau janjian mau makan-makan hihihi..

-Sering kesulitan melakukan pekerjaan yang sebenarnya atau seharusnya sudah biasa dan sering di lakukan...aduuh jangan sampe yaa Allah

- Kesulitan Berpikir abstrak misalnya lupa membayangkan kejadian seram atau cerita-cerita lucu alhamdulillah masih bisa senyum dan ketakutan nggak jelas kalo lagi bayangin film horror dan kocak 

-Perubahan mood yang tiba-tiba hmm kira-kira ini sama nggak yaa dengan moody-an?

-Menyangkal apa yang terjadi pada diri sendiri dan orang lain tentang hal yang di lupakan
-Perubahan Kepribadian
-Kesulitan mengambil keputusan 
-menjadi lebih banyak menyendiri karena sering merasa bingung hingga menjadi kurang percaya diri  (untuk gejala empat terakhir  jauh-jauhkan ya Allah..)


Hingga saat ini belum di temukan obat untuk menyembuhkan penyakit alzheimer, walau ada beberapa obat di gunakan untuk terapinya, yang bisa di lakukan minimal mencegah atau mengurangi gejala-gejala yang sudah ada dengan menggiatkan lagi pola hidup sehat serta pola makan seimbang,kurangi stress,beban pekerjaan,lakukan olahrga teratur,meditasi,lakukan kegiatan yang banyak merangsang otak untuk terus berpikir seperti membaca,atau menulis blog (ehem..),untuk yang di keluarganya sudah terdapat penderita alzheimer dukungan keluarga, support, kasih sayang dan terapi khusus sangat di butuhkan untuk terus menguatkan mereka 



Meski rasa penasaran saya belum terjawab tuntas,paling tidak sudah sedikit ada gambaran,yaa mudah-mudahan kebiasaan lupa saya hanya sekedar gangguan oot saja, sebagai orang yang masih merasa muda yaa...wajib sedini mungkin bisa mencegah penyakit ini,sehingga nanti di masa tua tetap bisa menjalani kehidupan seperti biasa dan bahagia.amiin... by the way ternyata ada lagi satu film bagus  yang juga menceritakan perjuangan penderita alzheimer judulnya "Still Alice" dengan pemeran utamanya aktris Julianne Moore yuuk mari... googling lagi.



    
       Yup..ceritanya mau menyenangkan anak-anak juga bundanya hehe..he..yang sudah hampir dua bulan nggak kemana-mana,mikirin kemana yaa enaknya?? tujuannya yang penting happy dan have fun aja..maka yang di cari yaa yang asyik dan murmer aja akhirnya momen  car free day jadi pilihan,sebenernya nggak jauh dari rumah ada juga jalan yang di buat untuk car free day setiap hari minggu,di jalan perumahan GDC,tapi berhubung jalan itu sudah biasa di lewatin yaa..mending ke jakarta aja sekalian.

      Car free day di Ibukota awalnya di buat untuk "mengistirahatkan" jalan dari kesibukkan dan kepadatannya,dan jalanan yang kosong di manfaatkan untuk berbagai macam kegiatan masyarakat,terutama untuk berolahraga,jogging,bersepeda dll.
    Seminggu yang lalu saya di kejutkan dengan cerita Daya anak saya yang masih duduk di kelas empat SD yang menonjok teman sekelasnya pada jam istirahat,cerita ini di sampaikannya waktu saya menjemputnya pulang di sekolah dengan nada suara yang masih emosi dia bilang  "menghajar" temannya,yang selalu mengejek,menghina dengan kata-kata yang menurut saya agak aneh yaa..(di-bilang beler,mabok,teler..)kebetulan beberapa temannya mendukung ceritanya,memang saya selalu menasihati anak saya untuk lebih baik diamkan saja tidak membalas kalo ada teman yang berbuat tidak menyenangkan,tapi kali ini sepertinya dia sudah tidak tahan lagi,karena selama ini selalu diam,tanpa berpikir panjang saya langsung mencari temannya yang di maksud untuk memastikan apa betul  yang terjadi,tetapi syang anak itu sudah pulang,lalu saya berinisiatif langsung menceritakan kejadian ini kepada seorang guru piket

   Mengingat kejadian yang masih segar di beritakan tentang pertengkaran anak kelas dua sekolah dasar yang berujung maut,yang bermula karena pelaku tidak terima di ejek temannya,hmmm…. merinding saya,Sebenarnya sudah sering kali Daya "mengadu" pada saya tentang kelakuan temannya istilahnya main kata-kataan yang sebenarnya lebih kepada umpatan,hinaan atau ejekkan,terus terang saya tidak terlalu hiraukan,saya pikir khas anak-anak yaa..biasa saja,karena biasanya  tidak lama mereka akan berbaikkan dan bermain lagi seperti biasa dan melupakan apa yang terjadi.




   Ternyata  Kekerasan verbal antar anak jangan di remehkan,anak-anak cenderung sering melakukan kekerasan verbal antar sesamanya,bahasa sebagai pengantar komunikasi seringkali berubah menjadi alat kekerasan pada anak-anak tanpa mereka sadari,bolehjadi sebagai orangtua sudah yakin selalu berusaha mendidik dan mengajarkan anak untuk selalu sopan,santun dan lemah lembut dalam bertutur kata kepada siapa saja,termasuk temannya.di dalam rumah bisa kita pantau tetapi begitu mereka sudah berada di luar jangkauan kita seperti di sekolah atau tempat bermain lainnya kita tidak tau,dan kekerasan verbal biasanya akan berujung menjadi kekerasan fisik

   Yang memperihatinkan ternyata anak-anak bisa berkata-kata kasar atau kotor,seringkali di dapat dari orangtua atau orang dewasa di sekitar mereka anak-anak yang sering mendengar orangtuanya berkata kasar dan kotor cenderung akan meniru apa yang mereka lihat dan dengar,selain itu lingkungan dan tontonan,juga mempengaruhi perbendaharaan kata mereka termasuk kata kasar dan kotor,karena anak kadang mengucapkan kata-kata yang mereka sendiri tanpa tau apa makna dan imbas dari kata-kata itu jika di ucapkan.

   Kekerasan verbal antar anak yang apabila tidak ditanggapi secara serius bisa berdampak besar bagi mereka seperti kepercayaan diri yang berkurang,muncul perasaan tidak berdaya,jika terjadi di sekolah menjadi tidak semangat sekolah mengakibatkan prestasi belajarnya menurun,melemahkan sisi kreatifitasnya,memicu sikap agresif pada anak sebagai bentuk pembelaan diri,dan kesulitan berhubungan dan bersosialisasi dengan teman.
      
      Saya bersyukur meski sering mendapatkan kekerasan verbal dari temannya tidak sampai mengikis rasa percaya diri Daya,sebagai orangtua kita harus lebih peka lagi dengan kondisi anak serta lingkungan pergaulan anak-anak kita,orangtua harus selalu bisa menjadi contoh yang baik bagi anak pendekatan,kasih sayang,perhatian dan  komunikasi yang baik akan bisa melindungi dan mencegah mereka melakukan kekerasan verbal,jangan lupa terus jalin komunikasi dengan guru dan tetangga yang baik,agar kalo terjadi pertengkaran pada anak tidak terjadi salah paham.

         Daya sekarang sudah memaafkan dan bermain lagi dengan temannya setelah guru menasihati dan memanggil orangtuanya,semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi.




       

      




   Dua bulan yang lalu saya melahirkan anak keempat saya, kehamilan ini sama sekali tidak kami rencanakan, apalagi saya sedang semangat-semangatnya baru memulai usaha, anak terkecil kami pun sudah lumayan besar sudah umur sembilan tahun rasanya ini adalah saatnya saya sudah mulai bisa eksis tapi rupanya Allah masih mempercayakan amanah yang  kepada kami berupa hadirnya tambahan anggota keluarga baru di rumah kami.

    Memilih dokter kandungan  yang bagus, baik dan nyaman dan klop di hati saat hamil dan melahirkan sangat penting, urusan hamil dan melahirkan sudah pasti hanya perempuan yang tau proses dan rasanya, tapi saya sering bertanya-tanya dalam hati mengapa yang namanya dokter spesialis kandungan justru lebih banyak laki-laki, saya sendiri cenderung lebih sreg dan memilih mencari dokter kandungan perempuan, walaupun sebenarnya banyak teman menyarankan untuk memilih dokter kandungan laki-laki, bagi mereka itu hal biasa dan wajar-wajar saja saja, tapi terus terang saya pribadi merasa risih, sungkan dan malu berkonsultasi dengan dokter kandungan laki-laki

     Jadi saya selalu memilih untuk berkonsultasi dan melahirkan dengan dokter perempuan, termasuk untuk anak keempat saya ini,hhhmm...tetapi ternyata keadaan berkata lain, saat tiba kontraksi yang menandakan kelahiran yang di nanti-nanti akan segera terjadi, dokter yang seharusnya menangani saya cuti, karena memang persalinan kali ini berbarengan dengan cuti bersama hari raya Idul Fitri, tidak ada pilihan lain dokter yang ada yaa..dokter laki-laki..singkat cerita akhirnya proses persalinanpun berjalan, alhamdulillah,,lancar..

       Ternyata pilihan untuk memilih dokter kandungan laki atau perempuan, bukanlah satu masalah yang gimanna gituuu...bagi seorang muslimah seperti saya alasan keyakinan  memang menjadi pertimbangan, tetapi setelah saya  mencari info dan bertanya kepada orang yang mengerti agama meski persalinan berhubungan erat dengan aurat wanita ternyata islam memperbolehkan dengan alasan jika itu kondisi darurat, suami mengetahui dan mengizinkan.

      Memilih  dokter kandungan laki-laki atau perempuan pada kenyataannya keduanya sama saja karena dokter tentunya menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme dengan tingkat keahlian yang tinggi mengapa dokter kandungan laki-laki lebih banyak daripada dokter perempuan menurut cerita beberpa teman dokter, proses seleksi dan pendidikan menjadi dokter spesialis kandungan adalah yang paling lama, sulit dan sangat berat, lebih banyak laki-laki yang lolos, jam kerja dokter spesialis kandungan tidak bisa di prediksi, kapan saja waktunya bisa ada pasien yang akan melahirkan, dokter laki-laki justru lebih bisa fleksibel, dan mungkin karena laki-laki lebih fokus, memang harus di akui laki-laki terkadang justru lebih ahli dalam bidang pekerjaan yang seharusnya atau biasanya di kerjakan oleh perempuan, seperti misalnya chef memasak, desainer atau penjahit, make up artist dll (just thought yaa,,..)

   Akhirnya semua di kembalikan pilihan masing-masing kita sebagai pasien yaa..mencari yang cocok, sesuai, nyaman, dan sreg di hati, yang penting kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama, untuk saya sendiri meski sudah tidak memikirkannya lagi, dokter kandungan perempuan tetap jadi pilihan pertama saya.
    






   




Kurban di era Sosmed

September 24, 2015 in ,
     Menatap layar hape hari ini penuh dengan foto-foto yang mengenaskan mulai di facebook, twitter, bbm dll hmmm...ya..hari ini bertepatan dengan hari raya Idul adha hari di mana puncak pelaksanaan ibadah haji di laksanakan dengan wukuf di arafah dan peneyembelihan hewan kurban yup..banyak bertebaran status dan foto pemotongan hewan kurban yang di jadikan status di jejaring sosial, entah itu milik mereka yang berkorban ataupun hanya mereka yang sekedar memberikan informasi, sebenarnya saya bukanlah orang yang penakut dengan darah atau apalah yang ada kaitannya dengan penyembelihan hewan kurban, tetapi karena cukup banyak yang menshare, bagi saya lumayan menganggu.

     Makna berkurban sejatinya adalah bentuk ketaatan, keimanan dan keikhlasan setiap muslim kepada Allah, kurban sendiri adalah napak tilas dari perjalanan sejarah Nabi Ibrahim dan keluarganya, saat dimana Allah menguji keimanan sang Nabi dengan perintah untuk menyembelih (mengorbankan) puteranya yaitu Ismail, bagaimana Nabi Ibrahim dengan pergolakan bathin yang luar biasa ikhlas mengorbankan puteranya dan nabi Ismail dengan penghormatan dan pengabdian yang luar biasa juga ikhlas bersedia untuk di korbankan meskipun pada akhirnya Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor qibas

     Pastinya saya tidak paham betul dengan tujuan apa para pemasang foto atau status berkurban itu terutama bagi mereka yang  berkurban, ibadah itu sebenarnya hubungan antara manusia dengan allah.akan indah jika mungkin tujuan sebenarnya memotivasi atau menginspirasi orang yang belum mampu berkurban supaya suatu saat mau dan mampu berkurban, tanpa bermaksud untuk berburuk sangka tetapi yang terasa di pikiran saya adalah mereka sepertinya ingin menunjukkan,pamer atau riya karena mampu berkurban.hhmmm semoga apa yang saya pikirkan salah ya.

       Ikhlas adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya alasan dan tujuan kita berkurban karena  salahsatu syarat di terimanya suatu amalan adalah ikhlas, mungkin saja mereka yang mampu berkurban sebenarnya ikhlas tapi akan sangat di sayangkan jika memasang status atau foto berkurban dengan tujuan untuk pamer dan riya, jangan sampai ketataatan dan keihklasan kita menjadi tidak berarti karena hal semacam ini, sosial media memang wadah untuk berbagi apa saja yang kita mau, tapi kebijaksanaan sangat di perlukan dalam penggunaannya.

        Tulisan ini tiada bermaksud untuk menyindir siapapun,mari kita sama-sama…belajar ikhlas lagi niatkan segala ibadah yang kita lakukan hanya untuk Allah.jikapun ingin memasang status ibadah niatkan untuk memotivasi dan menginspirasi  




   
       
Semua orang pastinya ingin sukses dan berhasil, meski dalam perjalanannya keberhasilan tidak semudah yang di bayangkan, impian boleh saja besar tapi prosesnya sering kali berawal dari hal-hal kecil yang kita anggap biasa saja, tetapi apa bila hal-hal kecil ini terus berlangsung maka proses keberhasilan akan semakin jauh di dapat dan di raih.
 
Beberapa hal ini menyadarkan saya tentang pentingnya menghilangkan beberapa perilaku yang terlihat kecil ini untuk memudahkan jalan impian saya menjadi kenyataan

- Rasa Iri dan Dengki.
        Berapa banyak dari kita yang sering ikut merasa senang jika melihat teman, saudara, sahabat, kenalan tetangga berhasil dalam hidupnya ? Ada ! tetapi bisa jadi Mungkin tidak banyak atau hmnmm.. karena kenyataannya pasti ada yang berpikir negatif, mencibir, nyinyir, curiga, benci dan sebal dan kesal

     Ternyata beberapa orang sukses mengatakan "apabila anda  senang kemudian ikut bersuka cita dengan pencapaian yang di raih oleh  teman, saudara, sahabat, kenalan atau  tetangga itu adalah modal awal anda untuk meraih keberhasilan, jadikan mereka inspirasi, motivasi, dekati, akrabi dan tanyakan bagaimana cara  mereka meraih apa yang mereka dapatkan, mereka akan senang berbagi dan memberikan tips-tips yang mungkin sejalan dengan impian anda"

- Membatasi Diri
   
     Jangan membatasi diri, tantanglah diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang belum pernah di lakukan sebelumnya, yakinlah bahwa hal tersebut berguna untuk memacu keberhasilan.

- Hidup di masa lalu

Apakah punya pengalaman pahit dan tidak menyenangkan di masa lalu? Semua orang pasti punya. Beberapa Pengalaman pahit di masa lalu seringkali meninggalkan jejak dan membekas terlalu dalam, boleh saja kita mengenangnya, tapi bukan untuk semakin meratap dan membuat ruang ragu dalam gerak kita, jadikan pengalaman pahit di masa lalu justru sebagai motivasi, pemacu semangat, dan inspirasi untuk terus melangkah ke arah yang lebih baik.

- Bergossip
     Hati-hati dengan kebiasaan buruk yang satu ini, memang terkadang sulit untuk menghindarinya tetapi bukan tidak bisa, seringkali kita "kepo" dengan urusan orang lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kita, atau terpancing pembicaraan diskusi oranglain yang sama sekali tidak menguntungkan, fokuslah dengan goal dan rencana sendiri. Karena itu perhatikan lingkungan dan kebiasaan orang di sekitar kita, orang-orang sukses tidak suka bergosip karena orang-orang hebat dan sukses berbicara tentang ide-ide, orang rata-rata bicara tentang keadaan sekitar, orang-orang gagal membicarakan tentang orang lain.

-Terlalu cepat menyerah

      Nah ini yang lebih dari  penting, memiliki mental pejuang yang pantang menyerah, pantang mundur, tidak terjebak gengsi, akan mempermudah langkah menuju keberhasilan, semakin terasah mental ini akan semakin mudah meraih kesuksesan.

       Yup..tulisan ini saya sarikan dari berbagai sumber di rangkai untuk diri saya sendiri, semoga saya menjadi pribadi yang lebih berkualitas dengan belajar mengubah kebiasaan yang membatasi gerak ke arah keberhasilan.

    


     

 

         Kuliah adalah salah satu cita-cita terpendam saya, sayangnya selepas sekolah menengah atas, banyak faktor yang tidak memungkinkan bagi saya untuk bisa melanjutkan kuliah lagi. Sampai akhirnya saya menikah dan mempunyai anak. Hingga akhirnya keinginan untuk kuliah datang lagi. Bukan hal yang mudah ketika saya memutuskan untuk kuliah di usia yang tidak muda lagi di tambah hiruk pikuk pekerjaan ibu rumah tangga, yang mungkin (terlihat) enteng tetapi ternyata luar biasa melelahkan dan sibuk sekali.

      Hal pertama yang saya pikirkan adalah dimana saya akan kuliah dan jurusan apa yang harus saya ambil? Setelah mencari informasi dari berbagai sumber, memilih tempat universitas ternyata tidak mudah. Banyak kriteria yang harus di pertimbangkan, mengingat situasi dan kondisi yang paling sesuai dan pas adalah Univeritas Terbuka (UT) Dan akhirnya saya bulatkan tekad dan mengambil keputusan untuk kuliah di UT. Sebenarnya sudah sejak lama saya disarankan untuk kuliah di UT, karena kuliah di UT tidak di batasi umur, jarak, fleksibel dan biayanya sangat terjangkau. Yang terpenting ada niat dan kemauan untuk belajar dan berusaha. 



Yaa secara banyak yang bilang kuliah di UT itu gampang masuk, susah lulusnya keluar (hmmm.. ini yang membuat saya ragu) Jadi apabila kurang motivasi, kemauan, niat dan usaha yang kuat akan sulit menjalani proses belajar di UT, padahal untuk soal ini mah! semua juga akan terasa sulit yah kalau kurang kemauan dan usaha. 



Kuliah di UT memang sangat di tuntut untuk bertanggung jawab, disiplin terhadap diri sendiri, hampir semua proses pembelajaran dilakukan secara mandiri, meski begitu nggak perlu ragu, UT bukan kampus abal-abal, jadi nggak bisa main-main, apalagi pakai cara ekspress asal mendapatkan ijasah seperti yang sedang marak di beritakan. Kuliah di UT sangat di pertangunggung jawabkan karena ijasah yang di dapatkan setara dengan perguruan tinggi negeri. 

     Belajar sebenarnya tidak harus dengan kuliah, di era teknologi saat ini kita bisa belajar darimana saja, hanya saja sepertinya ada kesan dan perasaan tersendiri jika kita mampu menempuhnya melalui jalur yang formal.

Saya ingin mewujudkan mimpi saya menjadi nyata. Mimpi saya adalah tanggung jawab saya, maka saya yang wajib mengusahakan perwujudannya. Saya tak akan membebankan mimpi saya kepada anak-anak saya. Sebagai orangtua sudah selayaknya menghantarkan anak-anak kita ke gerbang impiannya. Tapi jika kitapun mempunyai mimpi mengapakah tidak kita mewujudkannya juga? Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan berusaha.


     Tulisan ini sebenarnya saya niatkan untuk memotivasi diri saya sendiri agar tetap konsisten dan semangat menjalani perkuliahan. Just info saat saya memberanikan diri mendaftar kuliah saya sedang hamil anak keempat saya (saat saya menulis ini baby saya sudah berusia 2 bulan) saat ini saya baru memulai perkuliahan semester satu. Senangnya perkuliahan di lakukan dengan cara tutorial online, jadi untuk saya yang tidak bisa mobile, belajar di UT benar-benar menjadi solusi. Semoga saya bisa menjalani impian saya dengan lancar tanpa halangan berarti kedepannya.


     Penundaan  dalam Bahasa Inggris nya adalah Procrastination adalah Perusak Produktivitas, banyak sekali orang yang melakukan hal ini termasuk saya, makanya saya mencoba menulis hal ini,inti sebenarnya adalah pengingat bagi diri saya sendiri yang sering menunda-nunda pekerjaan, seperti pekerjaan sehari-hari sebagai Ibu rumah tangga, dan salah satunya termasuk mengupdate blog ini, harapannya dengan berbagi tips untuk menghindari penundaan, hidup saya akan menjadi lebih produktif.

     Saat kita menunda pekerjaan yang bisa di lakukan saat ini, sesungguhnya kita sedang memboroskan dan membuang  waktu bebas kita dan mengesampingkan pekerjaan yang lebih penting, dan saat semua pekerjaan harus selesai tapi belum dapat di selesaikan sesuai waktunya kita menjadi panik, berharap dapat perpanjangan waktu,tapi sayang semua sudah terlambat,dan waktu bebas kita yang sebenarnya hilang

      Jika ingin mengatasi perilaku penundaan kita harus paham betul mengapa kita melakukannya ,berikut beberapa alasan mengapa seseorang menunda-nunda:

- Menunda untuk Kesempurnaan yaitu semacam memberikan pembenaran bahwa kita memerlukan tambahan waktu, sumberdaya, modal, tenaga dan rencana yang lebih baik untuk mulai melakukan
- Menunda dengan perasaan akan lebih baik jika di kerjakan nanti saja, kadang ada yang merasa  hanya bisa  bekerja di bawah tekanan dan dengan deadline yang mendesak
- Menunda dengan menanggap sepele pekerjaan dengan  alasan ada pekerjaan lain yang nyatanya tidak begitu penting
- Menunda karena jika di kerjakan  Mungkin atau mungkin Tidak Berhasil dan tidak  berjalan dengan baik

Jadi bagaimana kira-kira mengatasinya yaa..berikut beberapa saran yang bisa di lakukan:

1.Buat kesepakatan dengan diri anda sendiri tentang target pekerjaan yang harus di selesaikan sampai tuntas, berikan batas waktu kapan anda harus menyelesaikannya
2.Selesaikan pekerjaan yang bisa di selesaikan saat itu juga tanpa perlu berpikir panjang
3.Berikan hukuman pada diri anda sendiri jika belum mengerjakan tugas sesuai waktunya, bentuknya bisa apa saja,mentraktir teman yang menyebalkan misalnya.
4. Buat daftar to do list yang strategis,menyeluruh, dan menyentuh semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan termasuk apabila ada gangguan dan cara menghindarinya
5.Singkirkan godaan yang terlihat menyenangkan dengan fokus  bahwa apa yang kita dapat  nantinya apabila tugas selesai tepat waktu pasti lebih baik dari godaan tersebut
6.Jika pekerjaan dirasakan berat ajaklah teman atau buatlah team, tidak perlu merasa sungkan meminta bantuan orang lain.
7.Pastikan niat dan perhatian selalu konsisten bahwa apapun yang terjadi, tekanan yang di rasakan, akan menghindari kita dari rasa malu yang pasti terjadi apabila pekerjaan tidak selesai pada waktunya.

    Yup..mudah-mudahan saya terhindar dari sikap Perilaku Penundaan, yang ternyata apabila tidak bisa di kendalikan,dan berlebihan, Perilaku Penundaan bisa menjadi gangguan Psikologis yang mengkhawatirkan.


Sudah sejak lama saya ingin membuka usaha sendiri, setelah anak-anak sudah lumayan besar dan banyak waktu luang, tetapi ternyata tidak semudah yang di bayangkan, hanya untuk sekedar bermimpi dan memulai, mulai usaha saja saya di hantui rasa takut gagal, akhirnya keinginan untuk memulai usaha tertunda-tunda.

Ternyata rasa takut gagal seperti ini biasa terjadi pada siapa saja, hingga akhirnya  akhirnya saya berani melangkah dan mengambil keputusan untuk segera memulai, berikut beberapa hal yang akhirnya membuat saya berani melangkah, karena benar saja dalam proses dan perjalanan  usaha saya banyak sekali kesalahan dan kegagalan yang saya buat tapi hal itu ternyata tidak menyurutkan langkah begitu keputusan untuk memulai di lakukan.
© Nunu Halimi ·